STRATEGI PENGELOLAAN SANGGAR SENI ANACARAKA DALAM MEWADAHI BAKAT ANAK-ANAK DI PEGUNUNGAN KINTAMANI BALI
I Putu Ardiyasa
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan Sanggar Seni Anacaraka dalam upaya mewadahi bakat anak-anak di Kintamani, Bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab dua permasalahan yang diajukan : pertama strategi apa yang semestinya diterapkan oleh pengelola dalam rangka menjaga eksistensi di tengah persaingan global; kedua bagaimana rancangan penerapan strategi pada Sanggar Seni Anacaraka. Untuk membedah permasalahan tersebut, digunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan metode SWOT untuk mengkaji permasalahan baik dalam lingkup internal dan eksternal. Sumber data diperoleh di lokasi penelitian dengan menentukan key person yang berkompeten dan sumber data tertulis yang mendukung dan relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sanggar Seni Anacaraka perlu melakukan pemilihan strategi berupa penggunaan setiap kekuatan (strenght) untuk menghadapi segala ancaman (treath) dengan melakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan diversifikasi terkait. Selain itu, pengelolaan Sanggar Seni Anacaraka menggunakan strategi tumbuh dan membangun karena posisi sanggar yang baru berdiri dan belum memiliki kekuatan yang bisa mendukung pembangunan sanggar. Bentuk edukasi seperti ini akan terus berkembang dengan keterlibatan masyarakat dan pemerintah bersama pihak pengelola, sehingga ke depan mampu mengedukasi anak-anak secara berkelanjutan dalam rangka menjaga keberlangsungan hidup seni.
Harwanto, Setyo. 2015. Peningkatan Potensi dan Pegembangan Atraksi Wisata Budaya Batik, di Desa Jarum. Jurnal Tata Kelola Seni vol. 1 No. 1 hlm 1.
Juwita, Ida Ayu Eva Ratna. 2015. Strategi Pemasaran Museum Wayang Kekayon Yogyakarta dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jurnal Tata Kelola Seni vol. 1 No. 1 hlm 49.
Seramasara, I Gusti Ngurah. 2005. Keberadaan Wayang Kulit Bali sebagai Dinamika Budaya di Era Modernisasi. Jurnal Wayang Vol. 1 Hal 3.
Cresswel, Jhon W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (edisi bahasa Indonesia).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran (edisi 3). Jakarta:Erlangga.
David, Fred R. 2010. Srategic Management: concept. Pearson Prentice Hall: Pearson
Education.
Kaiser, Michael M. dan Egan, Brett 2011. The Cycle. Kennedy Center: The DeVos Institute