Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Maharoepa Art Project)

Tania Syahla Asha

Abstract


Maharoepa Art Project adalah salah satu badan usaha yang bergerak dalam bidang seni yaitu busana dan tari. Perkembangan usaha di zaman sekarang semakin beragam, maka dari itu setiap pengusaha memiliki strategi masing-masing untuk meningkatkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi pemasaran yang bersaing unggul dan tepat dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, and Threats) pada usaha Maharoepa Art Project. Hasil analisis matriks IFE menunjukkan nilai tertingginya “Memiliki busana fesyen bernuansa etnik modern” yaitu sebesar 0,572 sedangkan hasil analisis EFE menunjukkan nilai tertinggi “Target belum dalam cakupan luas” yaitu sebesar 0,72. Dilihat dari hasil analisis matriks IE posisi usaha Maharoepa Art Project menunjukkan Growth and Build (tumbuh dan bina) karena berada pada posisi II. Variasi strategi yang cocok adalah Intensif atau Integrasi. Sedangkan menurut hasil kuadran SWOT posisi usahanya berada pada kuadran II yaitu strategi generic combination. Oleh karena itu, dalam usaha ini strategi generik yang akan digunakan adalah combination. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dalam sebuah usaha sudah memikirkan strategi apa yang tepat digunakan dalam proses meningkatkan usaha/bisnis tersebut sehingga metode-metode yang digunakan ditujukan kepada target pasar yang tepat.

 

SWOT Analysis in Determining Marketing Strategy (Case Study: Maharoepa Art Project)

ABSTRACT

Maharoepa Art Project is one of the business entities engaged in art, namely fashion and dance. Business development currently is increasingly diverse, because of that every entrepreneur has their own strategy to improve their business. This study aims to formulate a superior and appropriate competitive marketing strategy using the SWOT analysis method (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat) in the Maharoepa Art Project business. The results of the IFE matrix analysis showed the highest value of "Having modern ethnic fashion clothing" which was 0.572 while the results of the EFE analysis showed the highest value of "Target not yet in broad coverage" which was 0.72. Judging from the results of the IE matrix analysis, Maharoepa Art Project's business position shows Growth and Build because it is in position II. A suitable strategy variation is Intensive or Integration. Meanwhile, according to the results of the SWOT quadrant, its business position is in quadrant II, which is a generic combination strategy. Therefore, in this effort the generic strategy that will be used is combination. The benefit of this research is that it is expected to have thought about what strategies are right to use in the process of improving the business/business so that the methods used are aimed at the right target market.


Keywords


maharoepa art project, strategi, SWOT | maharoepa art project, strategy, SWOT

References


Arisyi, D. F. (2022). Penerapan analisis SWOT sebagai strategi pengembangan budaya pada sanggar seni tuah sakato kota Padang. Jurnal Tata Kelola Seni2, 8(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jtks.v8i1.5562

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sain Dan Komputer, 3(1), 1–9.

https://doi.org/https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Dani, I. S. (2019). Perkembangan studi tata kelola seni dan risetnya di aras global dan lokal. Jurnal Tata Kelola Seni, 5(2), 88–102.

https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jtks.v5i2.3260

Kausar, A., Bakri, S. W., Sudirman, Fajriansyah, & Agusta, R. (2022). Dampak penerapan manajemen strategi terhadap perkembangan usaha mikro di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 5(1), 20–32. https://doi.org/https://doi.org/10.56858/jmpkn.v5i1.45

Mahfud, M. H. (2019). Metode penentuan faktor-faktor keberhasilan penting dalam analisis SWOT. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 109–121. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/ags.v3i2.546

Mashuri, & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing (studi pada PT Bank Riau Kepri unit usaha syariah Pekanbaru). JPS: Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 97–112.

https://doi.org/https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205

Mayang, A., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT dalam menetukan strategi pemasaran (studi kasus di kantor pos kota Magelang 56100). JIM: Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175

Rangkuti, F. (2008). Analisis swot teknik membedah kasus bisnis: Reorientasi konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Cara perhitungan bobot, rating, dan OCAI. Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan. (2009). Dasar-dasar statistika. Alfabeta.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (Studi kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.

https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Syafa’at, A., & Wahid, A. (2020). Strategi pemasaran produk sepatu menggunakan metode analisis matrik IFAS dan EFAS di PT bagoes tjipta karya. JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), 7(3), 108–117. https://doi.org/https://doi.org/10.35891/jkie.v7i3.2397

Tamara, A. (2016). Implementasi analisis SWOT dalam strategi pemasaran produk mandiri tabungan bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/12751

Waruwu, M. (2023). Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic management and business policy: Toward global sustainability. Pearson Prentice Hall.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada batik diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v10i1.10496

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tania Syahla Asha

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors