Pelatihan Teknis Fotografi dan Pembuatan Poster untuk Meningkatkan Kualitas Informasi Penelitian Situs Liyangan di Pojok Rumah Peradaban

Novan Jemmi Andrea, Putri Novita Taniardi, Sugeng Riyanto, Oscar Samaratungga, Pamungkas Wahyu Setiyanto, Irwandi Irwandi

Abstract


Situs Liyangan merupakan situs yang meliputi area pemujaan, hunian, dan pertanian yang memiliki potensi sejarah dan budaya terkait peradaban manusia. Penelitian intensif yang dilakukan terhadap situs ini sejak tahun 2009 menunjukkan bahwa pada masa kuno, situs ini diperkirakan berada pada rentang abad VI hingga masa kejayaan Mataram Kuno, abad X M. Oleh karenanya, informasi-informasi mengenai hasil penelitian situs ini harus dipublikasikan agar diketahui oleh masyarakat dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui poster. Poster merupakan media penyampai informasi yang dianggap efektif untuk digunakan pada suatu kondisi yang sasaran penerima informasi tersebut adalah orang-orang yang dinamis atau selalu bergerak. Poster harus memiliki kekuatan visual agar mampu menarik perhatian orang untuk melihat dan mengamati isi informasinya. Balai Arkeologi Provinsi D.I. Yogyakarta bekerja sama dengan FSMR, ISI Yogyakarta melaksanakan lokakarya fotografi dan pembuatan poster selama 8 hari kepada 32 peserta yang merupakan siswa dan siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Temanggung dan 8 peserta yang merupakan warga Dusun Liyangan. Metode pelatihan berupa presentasi penyampaian materi, praktik, konsultasi, dan pendampingan langsung. Hasil lokakarya ini adalah terciptanya 10 poster mengenai berbagai aspek tentang Situs Liyangan dari aspek pertanian kuno dan modern, aspek kebencanaan, aspek sejarah, aspek pengelolaan air, hingga aspek potensi wisata. Poster yang dihasilkan peserta lokakarya dipasang di Pojok Rumah Peradaban Situs Liyangan menggantikan poster lama yang diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif mengenai hasil-hasil penelitian terbaru tentang Situs Liyangan.

 

The Liyangan site is a site that includes areas of worship, housing and agriculture that have historical and cultural potential related to human civilization. Intensive research conducted on this site since 2009 shows that in ancient times, this site was estimated to be in the range of the VI century to the heyday of the Ancient Mataram, X century AD. society in various ways, one of which is through posters. Posters are a medium for conveying information that is considered effective for use in conditions where the target recipients of the information are dynamic thing or always on the move such as people. Posters must have visual strength to be able to attract people's attention to see and observe the information content.  D. I. Yogyakarta Provincial Archaeological Center in collaboration with FSMR, ISI Yogyakarta conducted an eight-day photography and poster-making workshop for 32 participants who were high school students in Temanggung Regency and eight participants who were residents of Liyangan Hamlet. The training method was in the form of material delivery presentations, practice, consultation, and direct assistance. The result of this lokakarya is the creation of 10 posters regarding various aspects of the Liyangan Site, starting from ancient and modern agricultural aspects, disaster aspects, historical aspects, water management aspects, to tourism potential aspects. The poster produced by the workshop participants was installed in the Corner of the Liyangan Site Civilization House to replace the old poster which is expected to provide more comprehensive information regarding the results of the latest research on the Liyangan Site.


Keywords


Situs Liyangan, lokakarya, fotografi, poster, informasi, Pojok Rumah Peradaban

Full Text:

PDF

References


Elizabeth, M. Z. (2017). Perlawanan Visual Perempuan dalam Poster. JSW: Jurnal Sosiologi Walisongo, 1(2), 147–160.

DOI:https://doi.org/10.21580/jsw.2017.1.2.1987

Pradipta, D. A. (2020). Miskomunikasi Visual Dalam Poster Instastory Instagram Acara Gelar Cipta Tata Rias 2019: Indonesian Folklore. DESKOVI : Art and Design Journal , 3(1), 21–28.

DOI:http://dx.doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.695

Rikmasari, R., & Wati, D. M. (2017). Hubungan Persepsi Penggunaan Media Visual Gambar (Poster) Dengan Cara Berpikir Kreatif Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Bekasi. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD, 1(1), 30–36.

Salam, R., & Safitri. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Poster Candi Ngempon Sebagai Sumber Belajar IPS di Smp Negeri 1 Bergas. SOSIOLIUM, 2(1), 16–27.

DOI:https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.40480

Subakti, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Slogan dan Poster Dengan Pendekatan Proses Siswa Kelas VIII Smp Syaichona Cholil Samarinda. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 12(2), 89–100.

DOI:https://doi.org/10.26499/loa.v12i2.1556

Utoyo, A. W. (2020). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19. Jurnal Lugas, 4(1), 35–42.

DOI:https://doi.org/10.31334/lugas.v4i1.939




DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v4i1.9170

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).

View My Stats