Pelatihan Penggunaan Perangkat lunak CorelDRAW di MGMP Seni Budaya Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Edi Jatmiko, Putika Dwi Ayurin

Abstract


Perkembangan karakter peserta didik dalam hal kemampuan dan penguasaan teknologi informasi menyebabkan munculnya kebutuhan baru yang harus dipenuhi oleh pendidik untuk menyamakan pola komunikasi dalam proses belajar mengajar. Pola komunikasi terutama pada aspek media pembelajaran yang perlu penyesuaian dalam hal konten dan cara penyampaian sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan dari pembinaan pelatihan CorelDRAW adalah mendorong para pendidik yang tergabung dalam MGMP Seni Budaya Jawa Tengah untuk menguasai teknis penggunaan perangkat lunak CorelDRAW. Luaran dari penguasaan perangkat lunak tersebut adalah pendidik mampu merancang dan memvisualkan materi-materi bahan ajar yang sebelumnya berupa verbal dan teks saja ke dalam bentuk visual sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Pembinaan dan pelatihan menggunakan metode pelatihan tatap muka secara langsung menggunakan metode gabungan, yakni ceramah, demonstrasi cara, demonstrasi hasil, dan diskusi dengan pendampingan secara instruksional dan dilengkapi dengan media tutorial dalam bentuk buku digital dan video latihan. Setelah memenuhi durasi pelatihan selama 12 pertemuan, peserta pelatihan dapat menguasai pengoperasian perangkat lunak dan mampu mengolah cipta media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Dengan terpenuhinya materi tingkat dasar diperlukan pelatihan lanjutan sebagai pendalaman pengetahuan penggunaan dan operasional feature dan fasilitas CorelDRAW tingkat menengah.


Keywords


pelatihan, CorelDRAW, media pembelajaran, guru seni budaya

Full Text:

PDF

References


Afandi, Junanto, T. & Afriani, R., 2016. Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Surakarta, Universitas Negeri Surakarta, pp. 113-119.

Setiawan, W., 2017. Era Digital dan Tantangannya. Sukabumi, Universitas Muhammadiyah, pp. 1-9.

Ridha, M., 2018. Menjadi Guru di Era Digital. [Online]

CorelDRAW® User Guide, 2021. Corel Corporation.

Hendi Hendratman, 2018. The Magic Of Coreldraw. Jakarta, Penerbit Informatika

Prasetya Didik Dwi, 2018. Panduan Praktis dan Jitu Jago CorelDraw X7. Cirebon: CV. ASFA Solution.

Kusrianto, Adi. 2008. Teknik Menggambar Desain Grafis CorelDRAW . X4. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Tris Tantini, S.Pd, M.Pd, 2022. Ketua MGMP Seni Budaya Kabupaten Klaten

Wadiyono, S.Pd, M.Pd, 2022. Sekretaris MGMP Seni Budaya Kabupaten Klaten




DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v3i2.8180

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).

View My Stats