Implementasi Kreasi Komposisi Pada Iringan dan Tari Jathilan Kuda Prawira di Kalurahan Patalan Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta
Eli Irawati, Ni Kadek Rai Dewi Astini
Abstract
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) lewat pembinaan kesenian kelompok jatilan di Kalurahan Patalan, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul, DIY merupakan salah satu cara untuk bisa memberikan fasilitas perubahan komposisi iringan, tari, busana, dan tata rias. Kelompok jatilan yang dibina dapat diberikan keterampilan wawasan dan jiwa mencintai kesenian tradisi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas aspek ragam iringan musikal, tata rias, dan busana sehingga nantinya dapat meningkatkan kreativitas seniman setempat. Kelompok mitra yang akan dibina adalah Kelompok Jatilan Kuda Prawira. Kegiatan meliputi pemberian materi berupa pengayaan gending gending/lagu, pola tabuhan, gerak tari, rias, dan busana. Metode pelaksanaan dilakukan melalui pendekatan secara personal baik itu secara demontrasi, ceramah, latihan, maupun pengembangan. Luaran dari kegiatan pembinaan Kelompok Jatilan Kuda Prawira adalah dapat menghasilkan kelompok jatilan yang profesional, mengerti tentang pengemasan seni pertunjukan baik dari segi musikal, penataan tari, maupun rias busana sehingga nantinya bisa lebih diminati dan dapat menghidupi anggota kelompoknya dengan berkesenian.
Keywords
implementasi, kreasi, komposisi, iringan, tari jatilan, Kelompok Jatilan Kuda Prawira
Adizes, Ichak.(2004). Managing the Performing Arts Organization: Founding Principles in the Management of the Arts. Santa Barbara: The Adizes Institute Publishing.
Haryono, Timbul. (2009) Seni dalam Dimensi Bentuk, Ruang, dan Waktu. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Irawati, Eli. (2016). Transmisi Kelentangan dalam Masyarakat Dayak Benuaq. Resital Jurnal Seni Pertunjukan, 17(1), 1-18. doi: https://doi.org/10.24821/resital.v17i1.1686
Irawati, Eli. (2021). The Transmission of Resilience Learning in the Context of Formal Education an Ethnomusicological Review. Linguistics and Culture Review, 5