Workshop Foto Produk untuk Pengembangan UKM di Kota Padangpanjang

Roza Muliati, Dira Herawati, Rosta Minawati, Cindi Adelia Putri Emas

Abstract


Padangpanjang merupakan kota kecil tempat berkembangnya berbagai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjadi salah satu sektor industri unggulan. Permasalahan yang dihadapi oleh UKM di kota Padangpanjang adalah kurangnya strategi dalam membranding produk ke dalam kemasan visual yang menarik sehingga produk UKM menjadi kurang menarik dan belum dapat menarik dan menjangkau pasar yang lebih luas melalui platform online seperti pemanfaatan media sosial. Tulisan ini menjelaskan workshop foto produk  untuk UKM di kota Padangpanjang sebagai solusi dalam mengembangkan pemasaran produk melalui media sosial. Kesadaran akan foto produk yang bagus merupakan upaya untuk mengembangkan daya tarik produk-produk UKM agar bernilai komersil. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Koperindag Kota Padangpanjang dan komunitas seni Ruang Tumbuh Padangpanjang. Workshop dilakukan dengan melibatkan delapan UKM dengan luaran berupa keterampilan pelaku UKM dalam membuat foto produk sendiri, mengedit foto produk menggunakan aplikasi, serta mempublikasikannya di media sosial.


Keywords


foto produk, Padangpanjang, UKM, workshop

Full Text:

PDF

References


Agustin, D. (2021). Pelatihan Desain Kemasan Produk Olahan Bandeng di Desa Sawohan Sidoarjo. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 65 200–208. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2. 125

Mayliana, E., & Indreswari, A. G. (2020). Pelatihan Teknik Jumputan Inovasi untuk Meningkatkan Kualitas Produk Tie Dye Kelompok Seni SEEJ. Jurnal Pengabdian Seni, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.24821/jas.v1i1.4 699

Purwandari, R., Azkia, Z., & Yantari, P. (2020). Menumbuhka n Jiwa Wirausaha dengan Penyuluhan Seni Sablon dan Cukil di Panti. 52–62.

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80–86.

Suyanto, M. (2017). Photopreneurship: Mendulang Dolar melalui Foto. Penerbit Andi.

Tjiang, H. (2016). 7 Hari Belajar Food Photography. PT. Alex Media Komputindo. https://www.tokopedia.com/agistas ta/buku-7-hari-belajar-foodphotography- herry-tjiang Sumber Internet http://jdih.padangpanjang.go.id. Diakses tanggal 30 November 2022




DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v3i1.7067

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).

View My Stats