Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Hanacaraka Edukids Montessori School Pada Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Pendidikan anak usia dini dalam hal ini yang disebut dengan sekolah bermain, atau biasa dikenal dengan sebutan playgroup di Indonesia memerlukan perhatian khusus pada masa pandemi Covid-19. Di masa pandemi ini banyak anak yang kurang bergerak, sering bermain gawai karena kehilangan teman bermain dan kesempatan untuk bermain di luar. Padahal, di masa Covid-19 ini anak harus tetap mendapatkan haknya untuk bermain sehingga orang tua dan guru harus kreatif dan memperbanyak wawasan agar anak tidak bosan dan stres. Seiiring dengan dimulainya kembali pendidikan tatap muka pada awal tahun 2021, Hanacaraka Edukids Montessori School mulai bersiap kembali memberikan pelayanan pendidikan kepada siswanya, Dalam mempersiapkan lingkungan yang aman, nyaman, dan sehat di sekolah tentunya protocol kesehatan sudah harus diterapkan, disamping itu perlu adanya aktifitas yang dapat merangsang anak dan guru untuk memulai kembali meningkatkan kompetensi khususnya dalam dunia seni dan kerajinan dengan melakukan kegiatan bersama-sama dapat menumbuhkan aspek psikososial yang selama ini tidak terpenuhi selama pandemi. Beberapa kegiatan art and craft yang di tawarkan pada kegiatan penyuluhan seni ini diantaranya kegitan menghias pot serta menanam pohon dan kegiatan membuat mural bersama guru dan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cipta Pramana. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Dunia Anak Usia Dini, Volume 2 Nomor 2, 115-124.
Davies, Simone. (2019). The Montessori Toodler. Yogyakarta: Bentang.
Dina Julita dan Rudi Susilana. (2018). Implementasi Kurikulum Montessori Bernafaskan Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Rumah Bermain Padi dI Kota Bandung. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 11 No 2, 150-163.
Felisitas Ndeot, Petrus Redy Partus Jaya. (2021). Deschooling dan Learning Loss pada Pendidikan Anak Usia Dini. PERNIK Jurnal PAUD, VOL 4 NO. 1 , 18-28.
Hariana, Kadek. (2018). Seni Mural : Ekspresi Transit dan Transisi Masyarakat. Suminar Nasional Seni dan Desain : Konvergensi Keilmuan Seni Rupa dan Desain Era 4.0 (pp. 211-216). Surabaya: Unesa.
I Gde Suryawan, Ida Bagus Komang Sindu Putra, I Putu Suyasa Ariputra. (2021). Mural Melatih Kreativitas Visual Anak Usia DiniI (Studi Kasus TK Fajar Harapan). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6, No. 1, 1-12.
SE Kemendibud No 4 Tahun 2020. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 1 9). Jakarta: Kementerian Pendidkan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v3i1.7009
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).