Pembinaan Tari di SLB Negeri Pembina Giwangan Yogyakarta
Abstract
Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Giwangan, Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan yang menampung anak berkebutuhan khusus, dari tingkat SD hingga SMA, untuk memenuhi kebutuhan menyalurkan aneka talenta. Sekolah ini menyediakan fasilitas aneka kegiatan ekstrakurikuler, musik, gamelan, dan teater. Kegiatan seni yang belum berjalan dengan baik adalah kegiatan ekstrakurikuler tari. Oleh karena itu, kegiatan tari akan dilaksanakan untuk melengkapi kegiatan seni di SLB Negeri Pembina dengan cara melakukan pembinaan tari oleh dosen tari dari ISI Yogyakarta melalui LPM ISI Yogyakarta. Dalam melaksanakan kegiatan terdapat metode yang digunakan, yaitu metode imitasi dan analisis. Tahapan pelaksanaan diawali dengan perencanaan dilanjutkan pelaksanaan secara daring dengan mengirimkan video gerakan Tari Jabat Tangan. Hasil dari kegiatan adalah sebuah tarian pendek durasi lima menit berjudul Tari Jabat Tangan. Tarian tersebut diajarkan kepada para Pembina Tari SLB dan pengampu kegiatan ekstrakurikuler Tari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Khikmawati, Devi Kurnia, Tina Indria Astuti, & Any Novitasari. (2020). “Penerapan E-Learning pada Sekolah Luar Biasa”, Dialektika Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 7 No. 1, Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Sukadari. (2020). “Pembelajaran Tematik bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kelas Rendah”. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 4 No. 2, Juni, Program Pascasarjana IKIP PGRI Yogyakarta.
Yu, Steffanie & Ari Setyaningrum. (2019). “Studi Mengenai City Branding Kota Yogyakarta sebagai Kota Pelajar Indonesia”, Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 13 No. 1, Februari, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta.
Wajdu, Fajar. (2019). “Pemenuhan Hak-Hak Kaum Difabel dalam Rangka Hak Asasi Manusia”, Palita Journal of Social Region Research, Vol. 4 No. 2, Fakultas Syariah dan Hukum IAIN Bone.
DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v2i2.5922
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).