Metode Pelatihan Tari pada Anak Usia Dini dengan Aplikasi Pedagogis di Lingkungan Sanggar Tari Kelurahan Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Untuk mengenalkan metode pelatihan tari kepada anak usia dini tidaklah mudah. Salah satu cara adalah dengan berfokus pada pendekatan pedagogis yang efektif. Metode pembelajaran dalam pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan memetakan terlebih dahulu dan memberikan gambaran solusi sesuai dengan teori-teori dan teknik pembelajaran tari yang baik dan benar. Beberapa konsentrasi sanggar yang berbeda-beda akan membutuhkan metode dan penanganan yang berbeda pula. Landasan teori pedagogis yang efektif seperti pendekatan konstruktivis, teori perkembangan kognitif, dan teori kecerdasan jamak menjadi moda pelatihan tari yang efektif untuk diaplikasikan dalam metode pelatihan anak usia dini. Pembahasan akan menguraikan berbagai aspek metode pelatihan dan pengaruhnya pada perkembangan anak usia dini di sanggar desa sehingga masalah-masalah dalam metode pelatihan tari tradisi pada anak dapat dipecahkan secara perlahan di setiap kantong-kantong budaya sanggar tradisi Dusun Wonorejo dan Dusun Krikilan, Kelurahan Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.
Introducing dance training method for early childhood is not easy. However, there is way to deal with this issue, which focuses on an effective pedagogical approach. The basis of effective pedagogical theories such as Constructivist Approach, Cognitive Development Theory, and Multiple Intelligence Theory is one of the effective dance training modes which can be applied in early childhood dance teaching and learning. The discussion of this article outlines various aspects of training method and its influence on the development of early childhood dance activities, so that the problems in traditional dance training method for children can be slowly solved in every culture of traditional studios in Wonorejo and Krikilan Villages, Sleman, Yogyakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brewer, J. (2007). Introduction to Early Childhood Education Preschool Primary Grades Sixth Edition. New York: Pearson.
Dewantara, Ki Hadjar. (2004). Bagian Pertama: Pendidikan. Cet. 3. Yogyakarta: MLPTS.
Khoiruzzadi, Muhammad & Tiyas Prasetya. (2021). Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Madaniyah. Volume 11 Nomor 1 Edisi Januari.
Lazaer, D. (2000). Development of Multiple Intelligencies. New York: McMillan, Inc.
Murgiyanto, Sal. (1993). Ketika Cahalta Merah Memutar. Jakarta: Deviri Gaman.
Purwanto, Ngalim. (2011). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Sadulloh, U. (2014). Pedagogic. Yogyakarta: Rajawali.
Yulianti, Dewi. (2010). Belajar Sambil Bermain di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks.
DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v4i2.11171
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).