Pelatihan Optimalisasi Produksi Musik: Aplikasi Ableton Live 10 untuk Guru dan Siswa

Robby Ferdian, Hengki Armez Hidayat, Ayuthia Mayang Sari, Irdhan Epria Darma Putra

Abstract


Program pengabdian ini bertujuan mempelajari dan memberikan bantuan terkait kebutuhan guru dan siswa di SMA DEK Business School Padang dalam mengintegrasikan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan teknologi musik, khususnya dalam pembuatan musik untuk pembelajaran guru menghadapi kendala dalam membimbing siswa karena kurangnya penguasaan teknologi musik. Untuk mengatasi hal ini, tim pengabdian menyelenggarakan pelatihan menggunakan aplikasi musik, termasuk perangkat lunak Ableton Live, untuk meningkatkan keterampilan musik siswa dan guru. Program ini bertujuan meningkatkan kreativitas siswa dan kompetensi guru. Metode pengabdian yang digunakan adalah berupa pelatihan praktis, diskusi kelompok, tugas dan proyek, serta tahap evaluasi. Hasil yang terlihat dalam proses cenderung positif, dengan peserta menunjukkan minat tinggi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran melalui teknologi. Pelatihan dianggap penting untuk mendukung Program P5. Guru dan siswa membutuhkan peningkatan keterampilan pengajaran, pemanfaatan teknologi, pengembangan karakter siswa, peningkatan prestasi akademik, dan kreativitas siswa. Meskipun sebagian siap, beberapa lainnya belum sepenuhnya siap melaksanakan Program P5. Pelatihan karakter siswa dianggap relevan, namun beberapa peserta menginginkan perbaikan. Kesimpulannya, respons peserta mencerminkan minat dan kebutuhan terkait Program P5 dan teknologi dalam pendidikan, menegaskan perlunya perhatian lebih lanjut dalam pengembangan keterampilan dan penerapan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran siswa di SMA DEK Business School Padang.

 

This community service program aims to study and provide assistance related to the needs of teachers and students at SMA DEK Business School Padang in integrating the Strengthening Student Character Profile Program (P5) with music technology, particularly in music production for learning purposes. Teachers face challenges in guiding students due to a lack of proficiency in music technology. To address this, the authors conducted practical training sessions, group discussions, assignments and projects, and evaluation phases. The observed results in the process tend to be positive in which the participants show a high interest in tenhancing the quality of learning through technology. A training is considered highly essential to support the P5 Program. Teachers and students require improvement in teaching skills, utilization of technology, student character development, academic achievement, and student creativity. While some are ready, others are not fully prepared to implement the P5 Program. Character training is deemed relevant, but some participants suggest improvements. In conclusion, participant responses reflect interest and needs related to the P5 Program and technology in education, emphasizing the need for further attention to skill development and technology implementation to enhance student learning at SMA DEK Business School Padang.


Keywords


aplikasi, Ableton Live10, pelatihan musik, Program P5

Full Text:

PDF

References


Aprilina, C., Astuti, D., & Prasetyo, S. (2022). Pelatihan Produksi Audiovisual di SMK Negeri 2 Purworejo , Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Seni, 3(2), 117–122.

Aryandari, C. (2019). “Ora Minggir Tabrak” Electronic Dance Music (EDM), a Montage of The Time-Image. Journal of Urban Society’s Arts, 5(2), 87–93. https://doi.org/10.24821/jousa.v5i2.2185

Caesarani, S., Prabawati, A. T., Nuryani, N., Purnamasari, A., Fitri, F., Novianti, N., & Sunarya, M. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Ma Ponpes Al Islam. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(1), 42–50.

Ferdian, R., Epria, I., Putra, D., & Hidayat, H. A. (2023). Analysis of Timbre in Melodic Arrangements of Popular Minang Songs Using a Spectrum Analyzer. Journal of Urban Society’s Arts, 10(1).

Hasanah, A. H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(10), 6–14.

Hussein, B. (2021). Addressing collaboration challenges in project-based learning: The student’s perspective. Education Sciences, 11(8). https://doi.org/10.3390/educsci11080434

Jatmiko, E. J., & Ayurin, P. D. (2022). Pelatihan Penggunaan Perangkat lunak CorelDRAW di MGMP Seni Budaya Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Seni, 3(2), 131–141. https://doi.org/10.24821/jps.v3i2.8180

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Manoban, A. (2021). Project-Based Learning and E-Portfolios for Preservice Teachers in Japanese Language Education. Journal of Education and Learning, 10(4), 40. https://doi.org/10.5539/jel.v10n4p40

Nugroho, T. A., Fretes, D. De, & Murti, M. R. (2023). Pelatihan Teknik Dasar Menyanyi dan Dirigen pada Paduan PKK RW 6, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Seni, 26–35.

Novitasary, R. R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 100–112.

Octavianingrum, D., Taryadi, R., & Al Fawaz, R. (2022). Pembinaan Kelompok Band Pelestari Koesplus melalui Metode Drill di Srihardono, Pundong, Bantul. Jurnal Pengabdian Seni, 3(2), 142–149. https://doi.org/10.24821/jps.v3i2.8190

Rayhan Firdaus, A. (2023). Proses Pembelajaran Kreasi Musik Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila (P3) di SMP Muhammadiyah Srandakan Bantul. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Salafiyah, N., Haryono, S., Muttaqin, M., & Ciptoningtyas, S. V. (2022). Pelatihan Menulis Notasi Lagu Bagi Mgmp Seni Budaya Smp Kabupaten Semarang pada Media Pembelajaran Virtual di Era Covid-19. Varia Humanika, 3(1), 182–189.

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., Suryaningsih, S., Usman, U., & Lestari, I. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang Sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191.

Sinaga, F. S. S., Maestro, E., Marzam, M., & Yensharti, Y. (2019). Software Sibelius Sebagai Alternatif Penulisan Notasi Musik di Era Millenial. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 1(1), 1–6.

Triansyah, F. A., & Muhammad, I. (2023). Tinjauan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(3), 34–46.

Triatmaja, S. (2020). Designing a Design Thinking Model in Interior Design Teaching and Learning. Journal of Urban Society’s Arts, 7(2), 53–64. https://doi.org/10.24821/jousa.v7i2.4499

Zinar, R. (1984). Foundations of Music Education. Music Educators Journal. https://doi.org/10.2307/3396411




DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v4i2.11092

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).

View My Stats