Strategi Membangun SDM Kreatif Dan Inovatif Melalui Knowledge Sharing di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning

Hanifah Rizki Oktaviana, Triono Dul Hakim, Vita Amelia

Abstract


Penelitian ini tentang berbagi pengetahuan (knowledge sharing) staf pepustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning yang berlokasi di Pekan Baru, Riau. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran bagaimana knowledge sharing staf perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh jumlah tenaga perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning, sebanyak 8 (delapan) orang. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning belum semua paham akan kegiatan berbagi pengetahuan. Hal ini dapat dilihat dari jawaban para informan. Kebanyakan yang paham adalah staf perpustakaan yang berlatar belakang ilmu perpustakaan. Staf perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning sebagian sudah melakukan kegiatan knowledge sharing. Kegiatan ini berupa pemberian motivasi pimpinan ke staf perpustakaan agar lebih bersemangat bekerja. Staf perpustakaan mulai dapat mencari pemecahan masalah dengan solusi kreatif. Sebagian staf perpustakaan jika menemukan masalah mencari solusinya melalui internet atau bertanya pada yang lebih ahli dalam permalasahan tersebut. Staf perpustakaan sudah mulai mampu menyerap pengetahuan yang didapatkan, meskipun masih tergantung dari pengetahuan yang diserap sebelumnya. Informasi yang dibagikan staf perpustakaan didapat dari internal maupun eksternal. Informasi atau pengetahuan sering disampaikan staf perpustakaan pada rapat bulanan.

 

Strategies for Building Creative and Innovative Human Resources through Knowledge Sharing at UPT Lancang Kuning University Library. This research concerns knowledge sharing of library staff at UPT Lancang Kuning University Library in Pekan Baru, Riau. The study aimed to find out an overview of how knowledge-sharing library staff. The research method used is the descriptive qualitative method. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. Informants were selected using saturated samples, namely the entire number of library staff at UPT Lancang Kuning University Library, as many as 8 (eight) people. Data analysis uses data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed that UPT Lancang Kuning University Library staff did not all understand knowledge-sharing activities. This can be seen from the answers of the informants. Most of those who understand are library staff with library science backgrounds. Some library staff at UPT Lancang Kuning University Library have carried out knowledge-sharing activities. This activity is in the form of providing leadership motivation to library staff to be more enthusiastic about working. Library staff began to be able to find solutions to problems with creative solutions. If they find a problem, some library staff find a solution online or ask someone more expert. Library staff have begun to be able to absorb the knowledge gained, although it still depends on the knowledge absorbed before. Information shared by library staff is obtained from internal and external. Information or knowledge is often conveyed by library staff at monthly meetings.


Keywords


SDM Kreatif dan Inovatif, staf perpustakaan, knowledge sharing

Full Text:

PDF

References


Anna, N. E. V. (2017). Step by Step Implementation of Knowledge Sharing for Library In Indonesian. Edulib, 6(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v6i1.5001

Asasi, H., Republik, M., Library, I., Ragili, B. A., Winoto, Y., & Yanto, A. (2020). N-JILS Transfer Pengetahuan Di Perpustakaan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Knowledge Transfer In Kementerian Hukum Dan. 3(1), 1–16.

Bambang Setiarso. (2006). Manajemen Pengetahuan (Knowledge Managemnet) Dan Proses Penciptaan Pengetahuan. Ilmu Komputer.

Bandono, B. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Aparatur Sipil Negara di UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(2), 80–86. https://doi.org/10.24821/jap.v2i2.6989

Madyarti, G. M. (2021). Peran Pemimpin dalam Memotivasi dan Meningkatkan Kinerja Pegawai. Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan UNISKA MAB, 1(1), 291–297.

Murgiyanti, E., & Rohmiyati, Y. (2016). Analisis Knowledge Sharing Dalam Forum Komunikasi Pustakawan Dan Pengelola Perpustakaan (Fkp3) Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Nurcahyadi, I. (2022). Efektivitas Komunikasi Pustakawan dengan Pemustaka pada Layanan Unggah Mandiri di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(2), 71–79. https://doi.org/10.24821/jap.v2i2.6981

Pramita Utami, N. P. (2013). Pengembangan Program Opac (Online Public Access Catalogue) Berbasis Subject Indexing Untuk Mempermudah Penelusuran Koleksi Jurnal Di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 2(1). https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v1i1.1420

Sandra, E., Maryati, & Paramita, B. (2022). Knowledge Sharing Pada Dosen STIE Pembangunan Tanjung Pinang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 286–294.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Ummul Kaerah. (2020). Analisis Kemampuan Sosial Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Takalar. Jupiter, 17(1).

Widuri, N. R. (2018). Implementasi Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan) di Kalangan Pustakawan. Jurnal Pustaka Ilmiah, 4(2), 659–667.




DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v3i2.8182

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).

View My Stats