Pengaruh Pendidikan Arsiparis Terhadap Kegiatan Preservasi di Record Center Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Riski Susilawati, Shaleha Rodiah

Abstract


Banyak pihak yang belum menyadari pentingnya arsip sebagai pusat informasi suatu lembaga. Hal ini disebabkan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia yang kurang memadai dan belum teredukasi untuk melaksanakan kegiatan kearsipan, dari pengelolaan hingga preservasi. Kasus ini banyak terjadi di institusi perguruan tinggi yang masih melaksanakan kegiatan kearsipan dengan arsiparis yang seadanya. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis pengaruh pendidikan arsiparis terhadap pola pikir dalam mengelola dan melestarikan koleksi arsip. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu pengelolaan dan preservasi arsip yang baik dapat dilakukan dengan edukasi terhadap arsiparis. Edukasi bertujuan agar arsiparis dapat mengambil langkah pengelolaan dan preservasi yang sesuai dengan ketentuan yang benar. Record Center Fikom Unpad sudah melakukan pengelolaan dan upaya preservasi sederhana dengan melakukan penginputan data arsip, pemberkasan, pembersihan debu secara berkala, sera pemberian kamper di lemari arsip. 

 

The Effect of Archivist Education on Preservation Activities at the Record Center of the Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University. Many parties have not realized the importance of archives as the centre of information of an institution. This is due to inadequate facilities and infrastructure, as well as human resources who have not been educated to carry out archival activities, from management to preservation. This case occurs a lot in higher education institutions that still carry out archival activities with makeshift archivists. This research was conducted by analyzing the effect of archivist education on mindset in managing and preserving archive collections. The method used in the research is descriptive qualitative. Data collection techniques are observation, interview, and literature study. The results showed that one of the good management and preservation of archives can be done by educating archivists. Education aims to enable archivists to take management and preservation steps by the correct provisions. Fikom Unpad Record Center has carried out simple management and preservation efforts by inputting archive data, filing, periodically cleaning dust, and applying camphor to file cabinets. 



Keywords


pendidikan arsiparis, preservasi, Record Center Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Full Text:

PDF

References


Adzhana, H. A., Rukmana, E. N., & Rohman, A. S. (2022). Pengolahan Bahan Pustaka pada Perpustakaan Irreplaceable Books. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6355

Arsip Nasional Republik Indonesia. (2011a). Pedoman Penyelenggaraan Kearsipan Di Perguruan Tinggi. 62(24), 79–83.

Arsip Nasional Republik Indonesia. (2011b). Preservasi Arsip Statis. Arsip Nasional Republik Indonesia, 62(23), 7810280. https://jdih.anri.go.id/index.php?pages=peraturan&id_peraturan=719

Handayani, T. (2019). Implementasi Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kearsipan di Lingkungan Perguruan Tinggi. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 11(2), 44. https://doi.org/10.22146/khazanah.41493

Handayani, T. (2020). Records Center: Kajian antara Teori dan Kebijakan. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(4), 583–594. https://doi.org/10.14710/anuva.4.4.583-594

Harahap, W. R. (2020). Profesi Arsiparis Sebagai Sumber Daya Manusia Dalam Mengelola Arsip Statis. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(1), 63. https://doi.org/10.18592/pk.v7i15.3759

Indonesia, J. P., & Kuswantoro, A. (2018). Kompetensi Arsiparis Pada Era Disrupsi Di Univeristas Negeri Semarang (Unnes). Jurnal Pustakawan Indonesia, 17(1), 19–23.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Nufus, A. (2017). Preservasi arsip. Libria, 9(2), 211–226. https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/viewFile/2405/1744

Safitri, D. E., & Rukiyah, R. (2017). Efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja arsiparis di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(2), 01–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23105

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyuntini, S., & Endarti, S. (2021). Tantangan Digital dan Dinamisasi




DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v4i1.8151

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).

View My Stats