Pembelajaran Pemeranan pada Ketoprak Lakon Telik Sandi di Komunitas Sineprak Anak Muda Yogyakarta
Abstract
Abstrak
Ketoprak merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa yang terdapat di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran pemeranan ketoprak di Komunitas Sineprak Anak Muda Yogyakarta. Ketoprak dengan lakon Telik Sandi menjadi ruang lingkup pengamatan ini dikerjakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dtempuh melalui triangulasi sumber data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa proses pembelajaran pemeranan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penampilan. Tahap persiapan berisi aktivitas pemilihan naskah, casting, pemilihan tim produksi, perancangan jadwal, dan teknis latihan. Tahap pelaksanaan berisi latihan konsentrasi, latihan pemunculan emosi, latihan dinamika pertunjukan, latihan pemunculan watak, apresiasi pertunjukan, dan latihan kepekaan irama. Tahap penampilan berisi pementasan karya ketoprak. Metode pembelajaran dasar yang diterapkan seperti metode ceramah, metode latihan (drill), metode diskusi, dan metode role-playing. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan oleh pelatih dengan berlandaskan kaidah-kaidah wiraga, wicara, wirasa, dan wirama.
Abstract
Ketoprak is one of the traditional Javanese arts found in Yogyakarta. This study aims to explain the learning process of playing ketoprak in the Komunitas Sineprak Anak Muda Yogyakarta. Ketoprak, with the title Telik Sandi, is the scope of this observation. The research method used is descriptive qualitative. Data was obtained through observation, interviews, and documentation. Data validation through the triangulation of data sources. From the results, it is known that the acting learning process consists of the preparation stage, the implementation stage, and the performance stage. The preparation stage contains activities for script selection, casting, production team selection, schedule design, and technical training. The implementation stage consists of concentration exercises, exercises for generating emotions, training for performance dynamics, training for showing character, appreciating performances, and practicing rhythm sensitivity. The appearance stage contains the performance of ketoprak works. The basic learning methods applied are lecture, drill, discussion, and role-playing. The trainer evaluates the learning process based on wiraga, wicara, wirasa, and wirama principles.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka.
Bandem, I. M., & Murgiyanto, S. (1996). Teater Daerah Indonesia. Kanisius.
Boleslavsky, R. (1960). Enam Peladjaran Pertama Bagi Tjalon Aktor (Acting: The First Six Lesson) (A. Sani (ed.)). Djaja Sakti.
Hamdayama, J. (2019). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.
Harymawan, R. M. A. (1993). Dramaturgi. Remaja Rosdakarya.
Iswantara, N. (2016). Drama Teori dan Praktik Seni Peran. Media Kreatifa.
Koentjaraningrat. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi (Revisi 200). Rineka Cipta.
Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi (5th ed.). Refika Aditama.
MacIver, R. M. (1917). Community, A Sociological Study. Routledge.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Mansyur, M. C. (2005). Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa. Usaha Nasional.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Suprijanto. (2009). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Bumi Aksara.
Utami, A. I. S., Adib, A., & Widodo, S. T. (2019). Peran Komunitas Seni dalam Mengembangkan Karya Hand Lettering di Era Digital. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 34(3), 310–318. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.669
DOI: https://doi.org/10.24821/ijopaed.v3i1.7545
Article Metrics
Abstract view : 0 timesDOWNLOAD PDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Vita Rosanti, Dilla Octavianingrum, Nur Iswantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
View IJOPAED Stats |