Pembelajaran Seni Musik Berbasis Microsoft Teams: Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Abstrak
Pembelajaran daring tentunya memerlukan alat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran. Proses belajar mengajar seni musik tentu harus tetap difasilitasi meskipun dalam situasi pandemi COVID-19. Penggunaan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran seni musik dapat membantu guru untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni musik berbasis Microsoft Teams di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, sedangkan analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran seni musik dapat membantu guru untuk mengajarkan teori serta praktik yang baik meskipun tidak di dalam kelas. Aplikasi Microsoft Teams mempermudah peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran secara daring, mengumpulkan tugas, dan memperoleh materi. Fitur yang disediakan oleh aplikasi Microsoft Teams membantu proses pembelajaran online seni musik pada materi bernyanyi secara unisono dan hasil belajar yang didapatkan di atas rata-rata kriteria ketuntasan minimal.
Abstract
Online learning certainly requires learning tools that follow the subject's needs. Of course, music's teaching and learning process must still be facilitated even in the COVID-19 pandemic situation. The use of the Microsoft Teams application in music learning can help teachers continue carrying out teaching and learning activities well. This study describes music learning based on Microsoft Teams at SMP Negeri 12 Yogyakarta. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The data validation technique used is source triangulation, while the data analysis includes data reduction, presentation, and verification. The results showed that using the Microsoft Teams application in music learning could help teachers teach good theory and practice even though it was not in the classroom. The Microsoft Teams application makes it easier for students to follow the online learning process, collect assignments, and obtain materials. The features provided by the Microsoft Teams application help the online learning process of music on unison' singing material, and the learning outcomes obtained are above the average minimum criteria.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Benward, B., & Saker, M. N. (2003). Music in Theory and Practice (7th ed.). Boston: McGraw-Hill.
Hamdayana, J. (2019). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Koenigsbauer, K. (2016). Memperkenalkan Microsoft Teams, Ruang Kerja Berbasis Obrolan di Office365. Retrieved July 5, 2021, from Microsoft Blog website: https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/blog/2016/11/02/introducing-microsoft-teams-the-chat-based-workspace-in-office-365/
Okatara, B. (2011). 6 Jam Jago Teknik Vokal. Jakarta: Gudang Ilmu.
Pratama, U. N., & Dewi, G. D. K. (2020). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Edmodo dalam Situasi Pandemik COVID-19 untuk Materi Kependidikan pada Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 15(02), 98–109. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.
Pratama, U. N., & Herbekti, S. (2021). Penilaian Presentasi Infografis Materi Pedagogi Seni Pertunjukan untuk Mendukung Pembelajaran Zoom Meeting. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 61–71. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4888
Pratama, U. N., Surahman, E., & Hartoto. (2021). Perceptions of Performing Arts Education Students’ on Infographic-based Presentations as Learning Media for Online Meeting Video. Proceedings - 2021 7th International Conference on Education and Technology, ICET 2021, 140–146. https://doi.org/10.1109/ICET53279.2021.9575085
Purnomo, E., Haerudin, D., Rohmanto, B., & Juih, J. (2017). Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Siswanto, R. A. (2020). Microsoft Teams, Tetap Bisa Kerja Bareng Tim Selama WFH. Retrieved February 27, 2021, from Pricebook website: https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/10027/cara-menggunakan-microsoft-team-selama-wfh
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.24821/ijopaed.v2i1.5603
Article Metrics
Abstract view : 0 timesDOWNLOAD PDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Asrul Abd Gani, Agustina Ratri Probosini, Dilla Octavianingrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
View IJOPAED Stats |