Pembelajaran Langen Mandra Wanara di Paguyuban Langen Mudha Mandra Budaya
Abstract
Abstract
The research was based on learning Langen Mandra Wanara Javanese opera in the Langen Mudha Mandra Budaya community in Bantul, DIY. This study aims to identify and describe the art learning process descriptively. What is being studied includes the components of learning and the Javanese opera learning process Langen Mandra Wanara. Data were collected using observation techniques, interviews, literature study, and documentation. The research data validation used triangulation techniques. The results showed that (1) Javanese opera learning Langen Mandra Wanara used an integrated art-based learning model between drama, dance, and music; (2) There are support and appreciation from various society levels around it. This effort is a learning for the younger generation and the community in preserving the Javanese opera Langen Mandra Wanara in the Yogyakarta Special Region.
Abstrak
Penelitian dilandasi pembelajaran opera jawa Langen Mandra Wanara di paguyuban langen mudha mandra budaya di bantul, DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran seni secara deskriptif. Adapun yang dikaji meliputi komponen pembelajaran dan proses pembelajaran opera Jawa Langen Mandra Wanara. Pengumpulan data penelitian dengan teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Validasi data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pembelajaran opera Jawa Langen Mandra Wanara menggunakan model pembelajaran berbasis integrated art, antara seni drama, seni tari, dan seni musik (nembang); (2) Terdapat dukungan dan apresiasi dari berbagai lapisan masyarakat di sekitarnya, upaya ini merupakan pembelajaran bagi generasi muda dan masyarakat dalam melestarikan kesenian Opera Jawa Langen Mandra Wanara di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., & Abdillah, A. (2018). Pembelajaran Terpadu: Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. Medan: LPPPI.
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asnawir, B. U., & Usman, M. B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Byrnside, R. L. (1985). Music: Sound and Sense. Iowa USA: William C Brown Publishers.
Daruni, R., & Suhatmini, T. (2010). Opera Jawa Langen Mandrawanara: Sebagai Model Pembelajaran dan Media Transmisi Nilai-nilai Tradisional Bagi Generasi Muda. Panggung, 20(3), 258–270. Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4086
Djamarah, S. B., & Zain, A. (1997). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harymawan, R. M. A. (1993). Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Irawan, D. (2017). Paradigma Pendidikan Seni. Yogyakarta: Thafa Media.
Martopangrawit, M. (1975). Pengetahuan Karawitan I. Surakarta: ASKI Surakarta.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pono, B. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Prawiroatmojo, S. (1980). Kamus Bausastra Jawa Indonesia Jilid II. Jakarta: Gunung Agung.
Pudjasworo, B. (2014). Opera Tari Jawa Gaya Yogyakarta Langen Mandra Wanara: Sejarah, Tradisi, dan Bentuk Penyajiannya. Yogyakarta: Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Purnomo, W., & Subagyo, F. (2010). Terampil Bermusik untuk SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemendiknas.
Raharja, B. (2016). Evaluasi Pembelajaran Seni: Konsep dan Aplikasinya untuk Evaluasi Hasil Pembelajaran Seni Budaya. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Soeharto, B., Supardjan, N., & Rejomulyo, R. (1999). Langen Mandra Wanara: Sebuah Opera Jawa. Jakarta: Yayasan Untuk Indonesia.
Supanggah, R. (2002). Bothekan Karawitan I. Jakarta: Ford Foundation & Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Syah, D. (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.24821/ijopaed.v1i1.4917
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Iin Darwati, Nur Iswantara, Untung Muljono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
View IJOPAED Stats |