Ragam Dan Makna Kinesik Dalam Pertunjukan Kintir Sutradara Ibed Surgana Yuga

Nanang Arisona, Surya Farid Sathotho

Abstract


Penelitian tentang aspek kinesik ini bertujuan untuk mengkaji ragam gerak dan maknanya dalam pertunjukan Kintir oleh Kelompok Seni Teku Yogyakarta. Analisis ragam gerak meliputi gaya gerak dan gesture para tokoh. Analisis makna gerak meliputi analisis gerak ilustrasi,  bahasa isyarat, ekspresi emosi, dan ekspresi karakter gerak. Analisis ragam gerak dilakukan dengan melakukan identifikasi terhadap bentuk, gaya, dan motif gerak yang dilakukan para pemain. Sedangkan analisis semiotik digunakan untuk menemukan makna kelindan gerak sepanjang pertunjukan berlangsung dengan mengambil segmentasi kinesik yang terdapat dalam tiga belas sistem tanda yang digagas Tedeus Kowzan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat tiga ragam gerak yang memiliki perbedaan karakteristik, yaitu gerak realisik, gerak stilistik, dan gerak ikonik. Adapun analisis makna sistem kinesik menghasikan representasi tentang keagungan, keambiguan sikap, dan kekerasan terhadap anak-anak.

 

Kata Kunci: Ragam, makna, kinesik, Kintir,


References


Aston, E., & Savona, G. (1999). Theatre As Sign-System A Semiotics of Text and Performance. Routledge.

Causse, G. (2022). The gesture: from aesthetic to kinesic. Forum Philosophicum, 27(2). https://doi.org/10.35765/forphil.2022.2702.09

Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda, dan Makna. Jalasutra.

do Nascimento, R. A. (2019). Iuri lótman e a semiótica do teatro / yuri lotman and the semiotics of theatre. Bakhtiniana, 14(3), 199–219. https://doi.org/10.1590/2176-457339181

Laurens, J. M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. Grasindo.

Nöth, W. (1991). Handbook of Semiotics. Indiana University Press.

Novianto, W. (2019). Dramaturgi Teater Realisme Siasat Dramatik dan Artistik Mencipta Ilusi Realitas. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 10(2). https://doi.org/10.33153/acy.v10i2.2282

Pendit, N. S. (2010). Mahabharata. Gramedia.

Roose-Evans, J. (1989). Experimental Theatre; from Stanilavsky to Peter Brook. Routledge.

Sahid, N. (2000). Drama-drama Rendra dan Pengaruhnya terhadap Teater Kontemporer: Tinjauan Strukturalisme Genetik [Rendra’s plays and their influence on contemporary theater: an overview of genetic structur].




DOI: https://doi.org/10.24821/dtr.v6i1.7925

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Flag Counter