PEMBELAJARAN JARAK JAUH FOTOGRAFI SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS SEBELAS MARET PADA MASA PANDEMI COVID-19

Jauhari Jauhari

Abstract


Melalui penelitian yang berjudul Pembelajaran Jarak Jauh Fotografi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Pada Masa Pandemi Covid-19 ini akan dijabarkan mengenai tantangan dan strategi yang dilakukan peneliti untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada bidang fotografi di Sekolah Vokasi UNS selama masa pandemi ini. Pada masa pandemi dengan berbagai pembatasan pertemuan tatap muka dan fisik maka dibutuhkan strategi agar pembelajaran praktek fotografi dapat berjalan efektif dan efisien tanpa menurunkan standar kualitas capaian pembelajaran. UNS mengembangkan sistem manajemen pembelajaran atau Learning Management System (LMS) yang memungkinkan peneliti mengembangkan model pembelajaran asinkronus (proses pembelajaran melalui media perantara seperti video tutorial melalui laman youtube juga media lainnya) dan sinkronus (proses pembelajaran tatap muka secara daring). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dari studi pustaka serta observasi berpartisipasi. Penelitian studi kasus pada proses pembelajaran jarak jauh Fotografi di Sekolah Vokasi UNS. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa dalam pelaksanaan PJJ dapat diterapkan pada mata kuliah praktek Fotografi di sekolah Vokasi UNS.


Keywords


pembelajaran jarak jauh, fotografi, SV UNS, pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Coman, Claudia. (2020). Online Teaching and Learning in Higher Education During The Coronavirus Pandemic, Student’s Perspective, Sustainability, 12, 10367. DOI: http://dx.doi.org/10.3390/su122410367

Erliana, Hilma. (2021). Vocational Student’s Perception of Online Learning During The Covid-19 pandemic, Jurnal Pendidikan Teknologi, dan Kejuruan, Vol. 27, No. 1, UNY.DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v27i1.34283

Education Responses to COVID-19: Embracing Digital Learning and Online Collaboration. http://www.oecd.org/coronavirus/policy-responses/education-responses-to-covid-19- embracing-digital-learning-and-online-collaboration-d75eb0e8/

Garvey-William, Richard. (2014). Mastering Compotition, The Definitive Guide For Photographers. Work AE Publication Ltd

Miller, Melvin D., (1984), Principles and Philosophy for Vocational Education, The Ohio State University, Ohio.

Miller, W.R, (1976), The Future of Vocational Education, Educational Considerations, Vo. 4 No.1 https://doi.org/10.4148/0146-9282.2053

Rosalina, Elsa. (2020). Teacher Challenges Towards Online Learning in Pandemic era, LET: Linguistics, Literature, and English Teaching Journal, Vol. 10,71-88. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php

Sakarianto, Wikan. (2020), Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2020-2024, Jakarta.

Tham, C.M.; Werner, J.M. Designing and Evaluating E-Learning in Higher Education: A Review and Recommendations. J. Leadersh. Organ. Stud. 2005, 11, 15–25.

https://www.youtube.com/watch?v=XD4S24JFf6E




DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v6i1.6902

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.