REPRESENTASI ‘KEKERASAN SIMBOLIK’ DALAM FOTO IKLAN: STUDI KASUS FOTO IKLAN CETAK PRODUK KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM MAJALAH FEMINA TAHUN 2000

Fitriana Fitriana, Soeprapto Soedjono, Kusrini Kusrini

Abstract


Representation of ‘Symbolic Violence’ in Printed Advertisement Photo of Beauty Product in Femina Magazine Issue 2000. This study examines the representation of ‘symbolic violence’ in several advertisement photos in Femina magazine in 2000. The research used qualitative methods that focus on the discourse and value of advertised beauty products. Purposive sampling technique was used to choose the samples of the study. There are three advertisement photos that were re- viewed. The theories used in this study such as ‘symbolic violence’, representation, advertisement photography, and gender ideology were used in this study. Meanwhile, overall, the perspective of the research applied the gender approach. This is about the limitation of the research object that used female photo subjects associated with ‘symbolic violence’ represented in the verbal aspects such as headline, body copy, slogan, etc.. The results of the study were the discovery of forms of ‘symbolic violence’ in advertisement photo samples, such as the ideal construction of beauty, the culture of consumerism, the imposition of product information on consumers, and the domestication of women.

 

ABSTRAK

Penelitian ini membahas representasi ‘kekerasan simbolik’ dalam beberapa foto iklan di majalah Femina tahun 2000. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada wacana maupun nilai dari produk kecantikan yang diiklankan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat tiga buah foto iklan yang dikaji. Teori yang digunakan adalah teori ‘kekerasan simbolik’, representasi, fotografi periklanan, dan ideologi gender.

Secara keseluruhan, perspektif penelitian lebih berorientasi pada pendekatan gender. Hal ini tidak lepas dari pembatasan objek penelitian terkait ‘kekerasan simbolik’ yang terepresentasi pada subjek foto perempuan, termasuk aspek verbal seperti  head line, body copy, dan slogan. Hasil penelitian berupa ditemukannya bentuk-bentuk ‘kekerasan simbolik’ dalam sampel foto, seperti konstruksi ideal kecantikan, budaya konsumerisme, ‘pemaksaan’ informasi produk kepada konsumen, hingga domestikasi perempuan.


Keywords


kekerasan simbolik, foto iklan, representasi visual

Full Text:

PDF

References


Adona, Fitri. (2006). Citra dan Kekerasan Simbolik dalam Iklan Perusahaan di Televisi. Padang: Andalas University Press.

Ajidarma, Seno Gumira. (2016). Kisah Mata: Fotografi antara Dua Subjek: Perbincangan tentang Ada. Yogyakarta: Galangpress.

Beauvoir, Simone de. (2003). Second Sex: Fakta dan Mitos. Yogyakarta: Pustaka Promothea.

Bourdieu, Pierre. (1991). Language and Symbolic Power. Cambridge: Polity Press.

. (2001). Masculine Domination. Stanford-Calif: Stanford University Press.

Fakih, Mansour. (2008). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fashri, Fauzi. (2014). Pierre Bourdieu: Menyingkap Kuasa Simbol. Yogyakarta: Jalasutra.

Harsanto, Prayanto Widyo. (2016). Retorika Visual Fotografis dalam Iklan Koran. Yogyakarta: PT Kanisius.

Haryatmoko. (2016). Membongkar Rezim Kepastian: Pemikiran Kritis Post-Strukturalis. Yogyakarta: PT Kanisius.

Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Suranto. (1998). "Wanita, Media, Mitos dan Kekuasaan: Mosaik Emansipasi dalam Ruang Publik yang Robek". Dalam Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Suranto (Ed.), Wanita dan Media: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Jenkins, Richard. (2010). Membaca Pikiran Pierre Bourdieu. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Junaedhie, Kurniawan. (1995). Rahasia Dapur Majalah Di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasiyan. (2008). Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Martadi. (2001). “Citra Perempuan dalam Iklan di Majalah Femina Edisi Tahun 1991: Kajian Semiotik terhadap Nilai-nilai Gender dalam Desain Iklan”. Nirmana, Vol. 3 No. 2: 135-157.

Nirwana, Aditya. (2014). Kajian Semiotik pada Iklan Pemutih Pond's dalam Majalah GoGirl! Edisi Tahun 2013. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Penciptaan dan




DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v5i2.6122

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.