SEBUAH DESKRIPSI AWAL TENTANG WANITA SEBAGAI OBJEK DALAM KARYA SENI FOTOGRAFI INDONESIA

Arti Wulandari

Abstract


An Initial Description of Woman as the Object of Indonesian Art Photography. S-1 Photography Study Program, FSMR, ISI Yogyakarta as an art education institution in the field of photography, founded in 1993, started to graduate students in 1998. Until now, the S-1 Photography Study Program, FSMR, ISI Yogyakarta has graduated a number of art graduates from three concentrations, namely art photography, journalism, and commercial. Among the various themes that raise issues of life that are displayed in photographic works of art, one that is interesting to discuss is about women, both raised in photographic works of art created by female photographers and male photographers who have a concern in women. This research aims to analyze women as objects in photographic works of art (a case study in the Final Project of the S-1 Photography Study Program, FSMR, ISI Yogyakarta). The methods used are data collection, data classification, and data analysis. After the data was obtained from digilib.isi.ac.id and the Library of Photography Study Program, FSMR, ISI Yogyakarta and classified according to the main concentrations of expression, journalism, and commercial, the finding showed 64 titles of the Final Project of the S-1 Photography Study Program, FSMR, ISI Yogyakarta with the object of women. The details for the three study concentrations are 19 in the field of expression photography, 11 in the field of journalistic photography, and 34 in the field of commercial photography. Further studies on the aesthetic aspects of photographic works of art, which include ideational and technical aspects, can be carried out based on these initial findings.

 

 

 

ABSTRAK

Program Studi S-1 Fotografi,  FSMR, ISI Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan seni di bidang fotografi, yang didirikan pada tahun 1993 mulai meluluskan sarjana pada tahun 1998. Hingga saat ini Program Studi S-1 Fotografi,  FSMR, ISI Yogyakarta telah meluluskan sejumlah sarjana seni fotografi.  Di antara beragamnya tema yang mengangkat persoalan kehidupan yang ditampilkan dalam karya seni fotografi, salah satu yang menarik adalah tentang wanita, baik yang diangkat dalam karya seni fotografi yang dicipta oleh fotografer wanita maupun fotografer pria yang mempunyai perhatian kepada wanita. Penelitian ini akan mengkaji wanita sebagai objek dalam karya seni fotografi (studi kasus dalam Tugas Akhir Program Studi S-1 Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta). Metode yang akan dilakukan adalah pengumpulan data, pengklasifikasian data, dan analisis data. Setelah data diperoleh dari digilib.isi.ac.id dan Perpustakaan Program Studi Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta dan diklasifikasikan menurut bidang seni/ekspresi, jurnalistik, dan komersial hasilnya diperoleh 64 judul TA karya seni fotografi Tugas Akhir Program Studi S-1 Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta yang berobjek wanita atau perempuan. Rincian untuk ketiga bidang itu adalah 19 di bidang fotografi seni/ekspresi, 11 di bidang fotografi jurnalistik, dan 34 di bidang fotografi komersial. Kajian lebih lanjut tentang aspek estetik karya seni fotografi,  dapat dilakukan berdasarkan hasil temuan awal ini.


Keywords


deskripsi awal, wanita; objek; karya seni fotografi

Full Text:

PDF

References


Handayani, C. S. (2004). Kuasa Wanita Jawa. Yogyakarta: LKiS.

Handayani, R. (2017). Male Gaze Dalam Fotografi Model: Objektifikasi Dan Komersialisasi Tubuh Perempuan. Jurnal Jurnalisa, 3(1), 91–105. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v3i1.3086

Hapsari, A. (2017). “Wanita dalam Fotografi Indonesia.” Diambil dari https://nengranifitriani.wordpress.com/2017/05/05/wanita-dalam-fotografi-indonesia/.

https://photography.tutsplus.com/id/articles/women-in-photography-a-story-still-being-written--cms-23555. Wanita dalam Fotografi: Sebuah Cerita Masih yang Dituliskan. by Dawn Oosterhoff8 Mar 2017. Length:LongLanguages: HistoryPhotojournalismProductsBusine. (n.d.).

Isroviana, Ermawati, P., & Kusrini. (2019). Oerator Wanita Tambang Batu Bara di Sangatta Kutai Timur dalam Fotografi Dokumenter. specta, 3(2), 120–130.

Lismawarta, M. C., Setiyanto, P. W., & Kusrini. (2019). Pekerja Wanita Pengelola Tembakau Jember dalam Fotografi Dokumenter. specta, 3(1), 20–29.

Nayahi, M. (2015). “Objektifikasi Perempuan oleh Media: Pembakuan Identitas Perempuan dan Dominasi Kekuasaan Laki-Laki.” Jurnal Perempuan untuk Pencerahan dan Kesetaraan. Diambil dari https://www.jurnalperempuan.org/wacana-feminis/objektifikasi-perempuan-oleh-media-pembakuan-identitas-perempuan-dan-. dominasi-kekuasaan-laki-laki

Penyusun, T. (2017). Buku Panduan Akademik Diploma dan Sarjana Strata Satu ISI Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Soedjono, S. (2007). Pot-Pourri Fotografi. Jakarta: Universitas Trisakti.

Soetarjo, L. S. (2018). FOTO WANITA JAWA PADA KARTU POS, 1, 9–16.

Surahman, S. (2018). “Objektivikasi Perempuan Tua dalam Fotografi Jurnalistik: Analisis Semiotika pada Foto-Foto Pameran Jalan Menuju Media Kreatif #8.” REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 14(1), 41–54.

Susanto, M. (2018). Diksi Rupa: Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa. Yogyakarta: Penerbit DictiArt Laboratory.

Tim Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yuliawati, S. (2018). Perempuan Atau Wanita? Perbandingan Berbasis Korpus Tentang Leksikon Berbias Gender. Paradigma, Jurnal Kajian Budaya, 8(1), 53. https://doi.org/10.17510/paradigma.v8i1.227




DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v5i2.5891

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.