SAMPAH POLA KONSUMTIF DALAM KARYA FOTOGRAFI STILL LIFE

Arief Pristianto, Tanto Harthoko, Arti Wulandari

Abstract


Abstrak

Sampah menjadi persoalan yang tidak pernah selesai, dari zaman purba hingga sekarang, keberadaannya semakin banyak dan mulai tidak terkendali. Berbagai berita baik di media cetak maupun elektronik selalu menawarkan bermacam-macam produk yang menggiurkan masyarakat untuk melakukan peran konsumtif, dan akan berbahaya jika masyarakat tidak menyadari bahwa dari sisa konsumtif akan terjadi sampah. Penciptaan karya fotografi ini bertujuan untuk memunculkan foto-foto tentang sampah pola konsumtif dari penulis. Berdasarkan atas pola konsumtif tersebut diperoleh data otentik tentang perilaku konsumsi diri sendiri yang kemudian dikonstruksi menjadi rancangan untuk pemotretan. Foto yang dihasilkan merupakan karya seni fotografi still life dalam ranah fotografi kontemporer. Karya-karya yang dihasilkan menunjukkan bahwa kamera bukan hanya merepresentasikan ide dan perilaku kelompok manusia, melainkan juga dapat merepresentasikan pola tindakan biologis manusia.

Kata kunci: sampah, pola konsumtif, still life, fotografi seni

 

 

Abstract

Waste of Consumptive Behavior in Still Life Photography. Waste becomes a never ending issues, from the ancient times to the present, it is getting more and more and even  it is getting out of hand. Various news either in printed and electronic media has always offered a variety of tantalizing products to perform the role of the consumer society, and it will be dangerous if people are not aware that the residual consumption will end up as wastes.The creation of this photography work aims to bring photographs of waste as a result of author’s consumptive behavior.Based on the mentioned consumptive behavior, a set of authentic data about own consumptive behavior was collected and constructed as master plan for the photography creation. Resulting photographs show thay thay belong to the genre of still life photography in the domain of contemporary photography.  The photographs proved that camera was not only able to represent ideas and the habit of certain people, but also to represent the pattern of human’s biological life.

Keywords: waste, consumptive behavior, still life, fine art photography 


Full Text:

PDF

References


Garry, P. (1984). Secrets of Studio Still Life Photography. New York: AMPHOTO.

Hermanu. (2008). Pameran fotografi Potret. Yogyakarta: Bentara Budaya Yogyakarta.

Rusli, Edial. (2016). "Imajinasi ke Imajinasi Visual Fotografi". Jurnal Rekam Vol 12, No.2 (Oktober 2016).

Soedjono, S. (2006). Pot-Pourri Fotografi. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Soekmono. (1973). Pengantar Sejarah Kebudayaan I. Yogyakarta: Kanisius.

Tempo. (n.d.). No Title. Retrieved November 17, 2012, from www.tempo.co.id




DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v2i1.2465

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.