Analisis Film Dokumenter Badut “Di Balik Tawa”
Abstract
Salah satu profesi yang mungkin masih awam di telinga masyarakat yaitu profesi badut. Badut yang sering kita temui dalam sebuah acara ulang tahun maupun atraksi sirkus, memiliki daya tarik yang kuat kepada anak-anak. Secara garis besar, badut adalah pemain sandiwara atau yang biasa dikenal dengan pelawak. Akan tetapi, kini makna badut yang sebenarnya mulai menyimpang dari kata profesi akibat fenomena munculnya badut jalanan karena dampak pandemic Covid-19. Di era yang serba digital sekarang ini, film sudah menjadi salah satu media yang cukup mudah dan efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat di Indonesia dalam mengangkat kembali profesi badut. Didalam film, banyak hal yang harus diperhatikan dalam menarik perhatian penonton, salah satunya dari segi visual. Dibutuhkan teknik pengambilan yang menarik dan teknik editing yang tepat sehingga isi pesan didalam film dapat tersampaikan dengan baik. Penelitian ini akan menggunakan Kualitatif Deskriptif dalam pengumpulan data, dan menganalisis langsung kepada rancangan film dokumenter "Dibalik Tawa". Artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi terkait bagaimana tata cara proses produksi hingga pasca produksi dalam pembuatan film dokumenter dengan tujuan untuk memberikan referensi pembelajaran khususnya pada mata kuliah film production.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kepustakaan
Andersson, B. (2015). The DSLR filmmaker’s handbook: Real-world production techniques.
Ayesma, P., & Ibrahim, N. (n.d.). Film Sejarah sebagai Media dalam Mengembangkan Literasi di Era Digital. Retrieved March 20, 2023, from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/16901/9177
Bordwell, D. , & T. K. (2010). Film art: An introduction. New York: McGraw-Hill.
Brown, B. (2022). Cinematography; Theory and practice for cinematographers and directors. Routledge.
Caty Borum Chattoo. (2020). A Comedian and An Activist Walk Into a Bar. University of California Press.
Danang Nugroho, Donny Firli Ardiawan, & Abiyasa Dwi Putra. (n.d.). 42 JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan) Volume 16 Nomor 2/Agustus 2020. Retrieved March 20, 2023, from https://www.researchgate.net/profile/Danang-Nugroho-3/publication/348759445_Fenomena_Badut_Sedih_Sebuah_Kajian_Stakeholder_Theory_JIP_Jurnal_Industri_dan_Perkotaan_Volume_16_Nomor_2Agustus_2020/links/600fcebf92851c13fe3a03cc/Fenomena-Badut-Sedih-Sebuah-Kajian-Stakeholder-Theory-JIP-Jurnal-Industri-dan-Perkotaan-Volume-16-Nomor-2-Agustus-2020.pdf
Dr. Eko Murdiyanto, 2020. (n.d.). PENELITIAN KUALITATIF. Retrieved March 20, 2023, from http://eprints.upnyk.ac.id/24095/1/Penelitian%20Kualitatif%20-Eko%20mUrdiyanto.pdf
Haqqu, R., Yusanto, F., & Wijaksono, D. S. (2020). Penerapan Komposisi Dinamik Pada Film Dokumenter Solo Eco City. Jurnal Dimensi, 1(02), 35–44. https://docplayer.info/215382018-Penerapan-komposisi-dinamik-pada-film-dokumenter-solo-eco-city-s-sos-m-i-kom.html
Helen Katilaftis, 2014. (n.d.). https://www.nyfa.edu/student-resources/five-kinds-photography-balance-you-need-to-understand/
Prasetyo, M. E. (2021). Kajian Komposisi Visual Pada Film Serial Netflix Drama Fiksi Ilmiah Berjudul the 100 Karya Jason Rothenberg. Titik Imaji, 4(1), 45–64. https://doi.org/10.30813/.v4i1.2802
Rima Trianingsih, 2017. (n.d.). PENGUATAN MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENELITIAN MAHASISWA. Retrieved March 20, 2023, from http://www.ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1046
Satria Yusa Aji, 2019. (n.d.). Peran Editor Dalam Produksi Film “Voice Call.” Retrieved March 20, 2023, from http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/78/1/Laporan%20Satria%20Yusa%20Aji.pdf
Setyawan, H. (2015). BUKU AJAR EDITING AKADEMI KOMUNIKASI INDONESIA (AKINDO) YOGYAKARTA. http://repository.stikomyogyakarta.ac.id/206/1/Buku%20Ajar%20Editing-Baru.pdf
Yoyon, M. (2020). Kajian Semiotika Dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi UINSBY, 1.
DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v6i1.9386
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.