MEMPERKENALKAN DUNIA BINATANG MELALUI PENYUTRADARAAN PROGRAM MAGAZINE SHOW “FUNTASY ZOO” EPISODE KUCING DENGAN PENGGUNAAN GAYA VISUAL FLAT DESIGN

Bunga Nindiah Septiani, Agnes Widyasmoro, Andri Nur Patrio

Abstract


ABSTRAK

Anak dan remaja sering kali menjadikan binatang peliharaan sebagai salah satu life style trending item dengan pembekalan pengetahuan yang minim. Kurangnya pengetahuan tentang merawat binatang peliharaan menjadikan binatang peliharaan tersiksa dan menyebabkan manusia menjadi bingung dengan tindakan perawatannya. Program peliputan aktivitas binatang maupun pengetahuan dasar binatang telah ditayangkan di televisi Indonesia dalam bentuk feature maupun dokumenter. Hal inilah yang menjadi latar belakang dalam penciptaan program magazine show bertema binatang.

Program magazine show Funtasy Zoo” adalah program yang membahas seputar binatang dengan tema yang menyenangkan dan memainkan fantasi dalam penyajiannya. Pada season 1 bertema binatang peliharaan yaitu kucing. Melalui skripsi penciptaan seni berjudul “Memperkenalkan Dunia Binatang Melalui Penyutradaraan Program Magazine Show “Funtasy Zoo Episode Kucing Dengan Penggunaan Gaya Visual Flat Design” bertujuan untuk mengenalkan dunia binatang khususnya kucing lebih mendalam dengan bahasa yang ringan dan tampilan yang menarik menggunakan gaya flat design untuk mendukung visual agar menarik minat penonton terutama anak dan remaja.

Program “Funtasy Zoo” berisi 7 rubrik, berdurasi 30 menit dengan pembawaan yang menarik, menyenangkan dan didukung oleh penyajian gaya flat design seperti menggunakan warna cerah dan ilustrasi. Dengan adanya program ini, diharapkan mampu menambah wawasan kepada masyarakat mengenai binatang, baik dari karakter sampai cara merawatnya dan menambah referensi dan hiburan kepada masyarakat terkait binatang.

 

Kata Kunci : Binatang, Flat Design, Magazine Show

Full Text:

Hal 121-132

References


Amir Piliang, Yasraf. Hipersemiotika. Yogyakarta: Jalasutra, 2013.

Artha, Dian. Ensiklopedia Tubuh Manusia, Binatang, dan Tumbuhan: Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: CV Dian Artha, 2007.

Azhar, Mohd. Panduan Meningkatkan Kecerdasan Emosi.Jakarta: PTS Profesional, 2004.

Dameria, A. Color Basic Panduan Dasar untuk Desainer & Industri Grafika. Jakarta: Link & Match Graphic, 2007.

Ensiklopedia Nasional Indonesia. Jakarta: PT. Delta Pamungkas, 1997.

Fitriani, Aswitaratih, terj. Illustrated Encyclopedia of Animals. London: Dorling Kendersley Limited, 2008.

Gumelar, M.S. Memproduksi Animasi TV: Solusi Murah & Cepat. Jakarta: PT Gramedia, 2002.

Daftar Laman

CatLovers.

https://www.catlovers.id/ternyata-ini-alasan-kucing-peliharaan-makan-rumput/ (diakses pada 01 Oktober 2018 pukul 18.59 WIB)

Gudegnet.

https://gudeg.net/direktori/7637/cats-and-coffee-jogja.html (diakses pada 12 Oktober 2019)

HarianMetro.

https://www.hmetro.com.my/node/100514 (diakses pada 11 Juni 2019 pukul 18.47 WIB)

International Design School.

https://idseducation.com/articles/seputar-flat-design-yang-perlu-kamu-tahu/ (diakses pada 11 Juni 2019 pukul 20.16 WIB)

KBBI.

http://www.kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ (diakses pada 11 Juni 2019 pukul 19.05 WIB)




DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v2i2.5079

Article Metrics

Abstract view : 0 times
Hal 121-132 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sense : Journal of Film and Television Studies



View My Stats.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.