PERAN DIEGETIC SOUND DALAM MEMBANGUN SUSPENSE PADA FILM “A QUIET PLACE”

Panji Kukuh Priambodho, Arif Sulistiyono, Lilik Kustanto

Abstract


ABSTRAK

            Film A Quiet Place di sutradarai oleh John Krasinki. Film ini berdurasikan 90 menit dan berdiri di bawah naungan Paramount Picture. Adapun prestasi dari film A Quite Place yakni pada Hollywood Film Award 2018 sebagai pemenang Sound of the Year, dan berbagai prestasi lainnya di bidang suara. Skripsi Pengkajian Seni yang berjudul “Peran Diegetic Sound Dalam Membangun Suspense Pada Film A Quiet Place” ini bertujuan untuk melihat bagaimana diegetic sound berperan dalam pembangunan suspense pada film A Quiet Place.

     Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengobservasi data pada film, menganalisis, memilah dan memperhatikan bagaimana suspense terjadi, lalu setiap titik suspense diamati setiap komponen pembentuk diegetic sound, dan selanjutnya menggabungkan data-data yang berkaitan sehingga didapatkan kesimpulan bagaimana suspense dapat dibangun dengan diegetic sound.

Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa Diegetic sound pada film A Quiet Place mampu membangun ketegangan atau suspense. Hal ini dilihat berdasarkan dari hasil analisa bahwa komponen diegetic sound seperti onscreen sound, offscreen sound, external diegetic sound dan internal diegetic sound memiliki perannya masing-masing dalam pembangunan suspense, setiap komponen diegetic sound memiliki motif kemunculan yang berbeda-beda namun tujuan mereka sama-sama sebagai pemancing atau pemantik tensi suspense.

 

Kata Kunci: Film “A Quiet Place”, Diegetic Sound, Suspense


Full Text:

Hal 113-120

References


Brewer, W.F. dan E.H. Lichtenstein. Event schemas, story schemas, and story grammars. In: J. Long and A. Baddeley (eds.), Attention and performance, vol. 9, 363-379. Hillsdale, NJ: Erlbaum, 1981.

Brewer, W.F. dan E.H. Lichtenstein. Stories are to Eentertain: A Structural-Affect Theory Of Stories. University of Illinois at Urbana: Champaign, 1982.

Biran, Misbach Yusa. Teknik Menulis Skenario Film Cerita. Jakarta: Pustaka Jaya, 2009.

Biran, Misbach Yusa. Sejarah Film 1900-1950: Bikin Film di Jawa. Jakarta: Komunitas Bambu, 2009.

Bordwell, David, dan Kristin Thompson. Film Art: An Introduction, Eighth Edition. New York: McGraw-Hill, 2008.

Eriyanto. Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana, 2013.

Kintsch, W. Learning from text, levels of comprehension, or: Why anyone would read a story anyway?. Poetics 9. 1980.

Lacey, Nick. Narrative and Genre: Key Concepts in Media Studies. London: Maemillan, 2000.

Lutters, Elizabeth. Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: Grasindo, 2014.

McQuail, Denis. The Sage Handbook of Nedia Studies. Thousand Oaks: Sage Publication, 2004.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Pratista, Himawan. Memahami Film Edisi 2. Yogyakarta: Montase Press, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Truffaut, François: “Hitchcock om Hitchcock” (Hitchcock about Hitchcock). Denmark, 1973. Rhodos. ISBN: 87-74-96-369-4.




DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v2i2.5078

Article Metrics

Abstract view : 0 times
Hal 113-120 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sense : Journal of Film and Television Studies



View My Stats.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.