Memperkuat Motivational Complex melalui Mobile Staging pada Penyutradaraan Film Noda-Noda Seragam
Abstract
Noda-Noda Seragam menceritakan tentang Alvin, seorang remaja korban bullying yang harus menyembunyikan noda darah di seragam SMA-nya dari Ana, seorang ibu single parent yang overprotektif. Secara singkat, Noda-Noda Seragam adalah tentang menyembunyikan dan keterbukaan. Analisa yang dilakukan pada naskahnya adalah membedah motivational complex mulai dari: human drives, situasi fisik & sosial, interaksi sosial, dan pola watak. Keempat aspek ini dijadikan ukuran untuk menentukan mobile staging yang seperti apa yang akan dipakai, mulai dari: blocking, jenis mobile staging, teknik mobile staging, dan camera movement yang digunakan. Rancangan ini nantinya akan menghasilkan sebuah fungsi dari mobile staging sekaligus melayani dua aspek yang dominan dalam naskah Noda-Noda Seragam, yaitu: mengeksternalisasi sisi psikologis dan relasi antar karakter.
Keywords
References
Dancyger, K. (2008). The Director's Idea The Path To Great Directing. United Kingdom: Focal Press.
David Bordwell, K. T. (2008). Film Art: An Introduction Eighth Edition. New York: McGraw-Hill.
Foucault, M. (1990). The History of Sexuality: An Introduction, Vol. 1. New York: Vintage Books.
Harymawan, R. (1993). Dramaturgi. Bandung: Rosda.
Herbryanti, D. (2015). Bentuk Dukungan Sosial Pada Korban Bullying.
Katz, S. D. (1991). Film Directing: Shot by Shot. United States of America: Michael Wiese Productions.
Proferes, N. T. (2008). Film Directing Fundamentals. United Kingdom: Focal Press.
Ray Thompson, C. J. (2009). Grammar of the Shot. United Kingdom: Focal Press.
Thomas, W. (1923). The unadjusted girl with cases and standpoint for behavioral analysis, 1-40. Boston: Little Brown and Company.
DOI: https://doi.org/10.24821/sense.v7i2.14207
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.