Kreativitas Gilang Ramadhan : Implementasi pola kendang jaipong pada komposisi rhythm sawah

Gagah Pacutantra

Abstract


Kendang merupakan instrumen perkusi yang mempunyai karakter nada yang sering diadopsi dalam pola permainan instrumen musik barat, seperti drum set. Implementasi ini dapat dilihat dari komposisi irama kendang Jaipong pada drum set sebagai komposisi drum solo yang berjudul Rhythm Sawah karya Gilang Ramadhan. Komposisi ini menarik untuk menjadi kajian karena walaupun kedua instrumen termasuk dalam ranah perkusi, tetapi konsep filosofi mempunya perbedaan yang jauh, sehingga unsur kreatifitas menjadi penentu dalam transformasi bunyinya, hal ini yang terlihat dari kreatifitas Gilang Ramadhan dalam melakukan eksplorasi dan menghasilkan irama yang baru pada drum set. Karya tulis ini bertujuan untuk membahas inovasi Gilang Ramadahan dalam berkreatifitas dibidang seni musik, mengaplikasikan pola permainan alat seni tradisi untuk memperkaya pola ritme yang ada pada drum set serta mengenalkan budaya Indonesia ke dunia. Metode penlitian mempergunakan fenomenologi dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan review video permainan solo drum oleh Gilang Ramadhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi “rhythm sawah” merupakan hasil hibrida dari penerapan pola permainan salah satu alat musik tradisi asli Indonesia yang berasal dari Jawa Barat yaitu kendang Jaipong dalam instrumen drum set.

 


Keywords


Kreatifitas, Rhythm Sawah, Gilang Ramadhan, Kendang Jaipong, Drum set.

References


Aldiano ; Panduan Praktis Bermain Drum,

PT. Puspa Swara, Jakarta; 2004

Aziz, Abdul ; Gugum Gumbira dari Chaha ke Jaipongan, Sunan Ambu Press-STSI, Bandung; 2007

Burns, Roy ; Mau Jadi Drummer Profeional? Ini Panduannya! , PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta; 2003

Eisner, E.W.1983. “Can Educational Research inform Educational Practice ?” Monreat Canada : Unpabliser Paper

Haryono, Timbul ; Kendang Dalam Dimensi Waktu, Ruang, dan Bentuk, Makalah ceramah Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara, Yogyakarta; 1986

Kubarsah, Ubun ; Mengenal Alat-alat Kesenian Daerah Jawa Barat, CV. Beringin Sakti, Bandung; 1995

Negoro, Suryo S. ; Upacara Tradisional dan Ritual Jawa, CV. Buana Raya, Surakarta; 2001

Saepudin, Asep ; Praktik Karawitan Daerah Lain I Karawitan Sunda, Diktat Kuliah, Yogyakarta; 2012

_____________ ; Garap Tepak Kendang Jaipongan dalam Karawitan Sunda, BP ISI Yogyakarta, Yogyakarta; 2013

Sasaki, Mariko ; , Laras Pada Karawitan Sunda, P4ST UPI, Bandung; 2007

Soepandi, Atik; Peralatan Hiburan dan Kesenian Tradisional Daerah Jawa Barat, Depdikbud, Jakarta ; 1987

Sungkar, Osa ; Panduan Bermain Drum untuk Pemula, PT Kawan Pustaka, Tangerang; 2006

Supanggah, Rahayu ; Bothekan Karawitan I, MSPI Press, Jakarta; 2002

Swarts, Heather. 2001. Reflection on Art Criticism theory in Education. www.zeroland.co.nz/art_th eory.html. up dated on December 3, 2006).

Trustho ; Kendang dalam Tradisi Tari Jawa, STSI Press, Yogyakarta; 2005




DOI: https://doi.org/10.24821/sl.v17i1.5385

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats