Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota Di Jakarta
Abstract
Taman Kota merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang penting bagi sebuah kota karena merupakan penyeimbang ekosistem perkotaan yang penuh polusi. Selain fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem perkotaan Taman Kota juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat perkotaan guna berekreasi, bersantai dan berinteraksi sosial menikmati udara segar yang menjadikan kota lebih manusiawi. Jakarta memiliki beberapa Taman Kota sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) di antaranya Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Situ Lembang, Taman Medan Merdeka dan Taman Langsat. Sayangnya tidak semua Taman Kota di Jakarta diketahui oleh masyarakat luas, masyarakat kota lebih terbiasa bermain atau bertemu teman, keluarga, dan relasi bisnis di mal karena dianggap lebih menawarkan banyak hal dari pada Taman Kota. Kurangnya ketertarikan terhadap Taman Kota ini menyebabkan kurangnya kepedulian masyarakat kota terhadap Taman Kota. Jika suatu saat ada taman tergusur atau dialih fungsikan, maka tidak heran jika tidak ada reaksi keras dari masyarakat padahal Taman Kota seharusnya memiliki hubungan erat secara emosional dengan masyarakat di sekitarnya.
Perancangan Kampanye Sosial ini mencoba memberi alternatif solusi melalui media kreatif guna meningkatkan ketertarikan dan kesadaran masyarakat kota terhadap Taman Kota. Perancangan ini menggunakan analisis 5W + 1H (What, Who, Why, Where, When dan How) yang diperdalam melalui metode analisis Target Audiance yang terdiri dari Personifikasi Target Audiance, Consumer Insight, Consumer Insight dan pada strategi media menggunakan metode AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) untuk mewujudkan impact yang positif pada Perancangan Kampanye Sosial ini.
Konsep Perancangan Kampanye Sosial ini disesuaikan dengan karakteristik Target Audiance. Dalam hal ini comsumer insight Target Audiance benar-benar didalami agar insight utama yang menjadi acuan konsep kreatif dan strategi media tepat sasaran.
Perkembangan ilmu Disain Komunikasi Visual (DKV) tidak lepas dari pengaruh kebutuhan dan life style masyarakat disekitarnya. Oleh karena itu seorang Desainer Komunikasi Visual harus memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan up to date dengan perkembangan teknologi sehingga dapat memberi alternatif solusi kreatif bagi setiap permasalahan komersial maupun sosial.
Kata Kunci : Taman Kota, Ruang Terbuka Hijau, Kampanye, Sosial
Perancangan Kampanye Sosial ini mencoba memberi alternatif solusi melalui media kreatif guna meningkatkan ketertarikan dan kesadaran masyarakat kota terhadap Taman Kota. Perancangan ini menggunakan analisis 5W + 1H (What, Who, Why, Where, When dan How) yang diperdalam melalui metode analisis Target Audiance yang terdiri dari Personifikasi Target Audiance, Consumer Insight, Consumer Insight dan pada strategi media menggunakan metode AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) untuk mewujudkan impact yang positif pada Perancangan Kampanye Sosial ini.
Konsep Perancangan Kampanye Sosial ini disesuaikan dengan karakteristik Target Audiance. Dalam hal ini comsumer insight Target Audiance benar-benar didalami agar insight utama yang menjadi acuan konsep kreatif dan strategi media tepat sasaran.
Perkembangan ilmu Disain Komunikasi Visual (DKV) tidak lepas dari pengaruh kebutuhan dan life style masyarakat disekitarnya. Oleh karena itu seorang Desainer Komunikasi Visual harus memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan up to date dengan perkembangan teknologi sehingga dapat memberi alternatif solusi kreatif bagi setiap permasalahan komersial maupun sosial.
Kata Kunci : Taman Kota, Ruang Terbuka Hijau, Kampanye, Sosial
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.646
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id