Perancangan Komunikasi Visual City Branding Kabupaten Batang 2014
Abstract
Di era modern sekarang ini sangat mungkin terjadinya persaingan antar daerah. Seperti halnya beberapa kota yang ada di Indonesia yang saling berlomba-lomba untuk mengembangkan wilayah sebagai destinasi yang dapat meningkatkan pendapatan daerah. Maka hal tersebut menjadi sebuah cambuk untuk Kabupaten Batang sendiri supaya menjadi kota destinasi yang menawarkan kekayaan yang dimiliki. Dari dasar tersebut maka dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengangkat posisioning dalam sebuah perancangan city branding dari Kabupaten Batang, Jawa tengah, Indonesia. Dari perancangan tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah ide yang dapat menyajikan keunikan dan juga kekayaan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Batang. Potensi alam dan kuliner Kabupaten batang menjadi salah satu cara menyampaikan pesan yang disajikan dalam nuansa klasik nusantara dan natural. Unsur klasik tersebut merupakan pendekatan utama dalam menyampaikan pesan yang akhirnya nanti diintegrasikan kepada media. Dari gaya desain tersebut akan diselaraskan dengan konsep modern yang elegan tapa mengurangi nuansa tradisionalnya, sehingga diharapkan memiliki daya tarik dan daya saing yang tinggi dengan city branding yang lain.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa dalam perancangan city branding ini digunakan pendekatan potensi alam dan kuliner yang merupakan salah satu aset yang menarik perhatian masyarakat. Dengan pendekatan klasik nusantara diharapkan dapat menjadi branding yang memiliki daya saing tinggi dengan daerah lain.
Kata kunci: City branding, Batang, Alam and Kuliner
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.635
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id