PROSES PEMBELAJARAN CHINESE DRUM DI SMP BUDI UTAMA MENGGUNAKAN PROGRAM KOMPUTER MUSIK

Dwi Joko Yuliyanto

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler musik yang diadakan di sekolah bervariasi dan menyesuaikan kondisi sekolah. Salah satu yang cukup unik adalah pembelajaran Chinese Drum di SMP Budi Utama Yogyakarta, mayoritas siswanya merupakan keturunan etnis Tionghoa. Alat musik yang merupakan keluarga alat musik perkusi ini tergolong kurang familiar bagi anak sekolah. Bagi pengajarnya dibutuhkan media untuk kelancaran proses pembelajarannya. Desakan waktu penguasaan alat memicu gagasan untuk membuat metode pembelajarannya efektif dan efisien dengan menggunakan program komputer musik. Hal ini kemudian diteliti dengan menggunakan metode kualitatif berdasarkan pendekatan studi kasus. Proses pembelajaran Chinese Drum tersebut menggunakan metode Playing by ear dengan bantuan program komputer musik yang bernama Cubase.

Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa, program komputer musik Cubase dapat membantu guru dalam memberikan contoh permainan Chinese Drum kepada siswa melalui pengenalan ritmis secara bertahap dan mendukung dalam memberikan gambaran dari pertunjukan musik Chinese Drum secara keseluruhan.

Kata kunci : Pembelajaran, Chinese Drum, Program Komputer Musik, SMP Budi Utama Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.615

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id