STUDI MAKNA KONOTASI IKLAN LUAR RUANG ROKOK PRODUK PT. DJARUM

Mirah Hapsari S1

Abstract


Setiap pesan iklan memiliki tanda verbal dan tanda visual yang memiliki makna
konotasi. Sehingga dalam hal inilah kiranya perlu dilakukan sebuah penelitian
yang meneliti lebih jauh mengenai makna konotasi dalam pesan iklan yang
disampaikan PT. Djarum pada target audience-nya. Teori yang digunakan dalam
analisis ini adalah teori Semiotika Komunikasi Visual didukung dengan teori
Desain Komunikasi Visual, teori Periklanan, teori Billboard dan Copywriting.
Melalui deskripsi dan analisis hasil penelitian ini akhirnya diketahui bahwa
terdapat berbagai makna konotasi yang terkandung pada tanda verbal dan tanda
visual pesan iklan media billboard produk PT. Djarum. Terdapat hubungan yang
erat dan tidak terpisahkan antara tanda verbal, tanda visual dan makna
konotasinya.
Kata Kunci :Makna konotasi, Semiotika, Billboard, RokokPT. Djarum.



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.203

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id