KAJIAN SEMIOTIKA TANDA DAN SIMBOL PADA DESAIN T-SHIRT OUVAL RESEARCH TAHUN 2011
Abstract
Tahun 90-an industri fesyen di Indonesia menjelma menjadi sebuah
fenomena, dimana saat itu banyak bermunculan lokal clothing company yang
diolah oleh tenaga muda yang kreatif dan inovatif. Salah satu diantara brand lokal
clothing company yang berkembang di Indonesia adalah Ouval Research, dengan
t-shirt sebagai produk unggulannya.
Didalam disain t-shirt terdapat elemen tanda berupa tanda verbal dan tanda
visual. Tanda tersebut mengandung aneka intepretasi makna konotasi. Hal
demikian kiranya perlu dilakukan sebuah penelitian yang meneliti lebih jauh
mengenai tanda dan simbol yang muncul pada desain t-shirt Ouval Research
tahun 2011, serta makna konotasi dibalik tanda dan simbol yang merupakan
identitas bagi kalangan anak muda di Indonesia, ditinjau dengan pendekatan teori
semiotika.
Tanda dianalisis dengan pendekatan teori Semiotika Pierce untuk melihat
ikon, indeks, dan simbol. Sedangkan teori Semiotika Roland Barthes membantu
memunculkan makna konotasi dengan memanfaatkan pengelompokan kode
seperti yang ada didalam bukunya berjudul S/Z, meliputi kode narasi, kode
simbolik, kode hermeunetik, kode semantik, dan kode kebudayaan. Metode
penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif secara
deskriptif.
Hasil analisis menyimpulkan bahwa disain t-shirt dapat merepresentasikan
idealisme Ouval Research dan menjadi identitas gaya hidup anak muda yang
mengedepankan kebebasan berekspresi kedalam wujud visual sebagai bentuk
respon dan opini terhadap kondisi sosial kalangan muda di Indonesia yang
sekaligus menjadi target audience Ouval Research. Disamping itu semiotika
Pierce (ikon, indeks, dan simbol) dan semiotika Roland Barthes (kode
hermeneutik, kode simbolik, kode semantik, kode narasi, dan kode kebudayaan)
mampu menguraikan relasi yang terbangun untuk memunculkan makna konotasi
terkait dengan tanda verbal dan tanda visual pada disain t-shirt Ouval Research
tahun 2011 secara terstruktur dan sistematis
Kata kunci: Disain T-shirt, Makna Konotasi, Ouval Research, Semiotika
Komunikasi Visual, Tanda dan Simbol.
fenomena, dimana saat itu banyak bermunculan lokal clothing company yang
diolah oleh tenaga muda yang kreatif dan inovatif. Salah satu diantara brand lokal
clothing company yang berkembang di Indonesia adalah Ouval Research, dengan
t-shirt sebagai produk unggulannya.
Didalam disain t-shirt terdapat elemen tanda berupa tanda verbal dan tanda
visual. Tanda tersebut mengandung aneka intepretasi makna konotasi. Hal
demikian kiranya perlu dilakukan sebuah penelitian yang meneliti lebih jauh
mengenai tanda dan simbol yang muncul pada desain t-shirt Ouval Research
tahun 2011, serta makna konotasi dibalik tanda dan simbol yang merupakan
identitas bagi kalangan anak muda di Indonesia, ditinjau dengan pendekatan teori
semiotika.
Tanda dianalisis dengan pendekatan teori Semiotika Pierce untuk melihat
ikon, indeks, dan simbol. Sedangkan teori Semiotika Roland Barthes membantu
memunculkan makna konotasi dengan memanfaatkan pengelompokan kode
seperti yang ada didalam bukunya berjudul S/Z, meliputi kode narasi, kode
simbolik, kode hermeunetik, kode semantik, dan kode kebudayaan. Metode
penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif secara
deskriptif.
Hasil analisis menyimpulkan bahwa disain t-shirt dapat merepresentasikan
idealisme Ouval Research dan menjadi identitas gaya hidup anak muda yang
mengedepankan kebebasan berekspresi kedalam wujud visual sebagai bentuk
respon dan opini terhadap kondisi sosial kalangan muda di Indonesia yang
sekaligus menjadi target audience Ouval Research. Disamping itu semiotika
Pierce (ikon, indeks, dan simbol) dan semiotika Roland Barthes (kode
hermeneutik, kode simbolik, kode semantik, kode narasi, dan kode kebudayaan)
mampu menguraikan relasi yang terbangun untuk memunculkan makna konotasi
terkait dengan tanda verbal dan tanda visual pada disain t-shirt Ouval Research
tahun 2011 secara terstruktur dan sistematis
Kata kunci: Disain T-shirt, Makna Konotasi, Ouval Research, Semiotika
Komunikasi Visual, Tanda dan Simbol.
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.184
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id