Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)

Edythia Indrasswary Nabella 1210004224

Abstract


Iklan politik merupakan bentuk promosi atas individu ataupun partai dengan membentuk image politik yang disengaja untuk mempersuasi persepsi masyarakat (publik) agar memilihnya dalam pemilu. Egy Massadiah, merupakan satu dari banyaknya calog legislatif yang berkampanye secara unik, yaitu dengan memparodikan dirinya sebagai seorang Superman dalam sebuah APK (Alat Peraga Kampanye) dalam website nya www.egymassadiah.info. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa makna pesan yang terkandung dalam tanda visual iklan politik caleg Superman dengan menggunakan teori Semiotika milik Roland Barthes. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan analisis semiotik pemaknaan konotasi Roland Barthes untuk menganalisa makna pesan dalam tanda visual iklan politik Caleg Superman. Hasil dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa konotasi yang menebal menjadi sebuah mitos dalam masyarakat, bahwa memilih seorang calon pemimpin tidak cukup hanya dilihat dari penampilan luar atau secara fisik saja. Juga bagi para calon pemimpin yang selalu mendistorsi realitas, melebih-lebihkan yang ada sehingga akan menimbulkan krisis identitas dari calon pemimpin itu sendiri. Karena segala sesuatu yang dilebih-lebihkan diawal, pada akhirnya hanya akan meninggalkan kekecewaan dan yang tersisa hanyalah fiksi.

 

Kata kunci : Iklan Politik, Semiotika, Desain Komunikasi Visual


References


http://digilib.isi.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.1229

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id