Kegiatan Bermain Keyboard Anak Slow Learner Di Sekolah Inklusif Sd 1 Trirenggo Bantul Tahun Ajaran 2014/2015

Shahlan Mas’udi 1111725013

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh anak slow learner pada bidang musik dan mendeskripsikan proses kegiatan bermain keyboard anak slow learner di sekolah inklusif SD 1 Trirenggo bantul tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian berjumlah 4 anak slow learner. Model kegiatan bermain yang dilakukan adalah menggunakan alat musik keyboard sebagai media yang akan dimainkan secara langsung oleh 4 anak slow learner. Jenis metode yang dipakai adalah kualitatif, adapun metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, discografi dan analisis secara musikologis yang selanjutnya dideskripsikan dalam bentuk skripsi. Materi yang disampaikan oleh guru meliputi pengetahuan tentang alat musik keyboard, teknik tangga nada, akord, dinamika dan satu buah lagu yang berjudul Ibu Kita Kartini dengan menggunakan tangga nada C Mayor. Metode pengajaran menggunakan metode demonstrasi, imitasi dan driil.

 

Kata kunci : Kegiatan bermain, slow learner, keyboard


References


http://digilib.isi.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.1184

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id