Perancangan Visual Corporate Identity Musick Bus Record Store
Abstract
Corporate identity adalah identitas atau “brand” sebuah perusahaan, yang terdiri dari identitas visual (nama, logo, merek dagang, tipografi, ilustrasi, warna, dsb). Corporate identity adalah upaya aktif untuk membangun sebuah citra dalam perusahaan. Salah satu contoh perusahaan yang memerlukan corporate identity sebagai pembangun image perusahaan adalah Musick Bus Record Store. Hal ini akan menciptakan kesan atau nuansa yang menjadi pembeda Musick Bus Record Store berbeda dengan konsep mobile store yang sudah ada. Eksistensi corporate identity dari perusahaan dianggap belum mampu mempresentasikan visi dan misi perusahaan. Bentuk visual identitas perusahaan kurang mencerminkan image yang hendak disampaikan. Oleh karena itu untuk menghadapi permasalahan tersebut dan membentuk visual masyarakat luas terhadap keberadaan Musick Bus Segara diperlukan sebuah sistem grafis yang menggambarkan identitas perusahaan melalui pembentukan corporate identity. Melalui metode penelitian, dan data-data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi Musick Bus. Teori yang digunakan dalam kasus ini adalah teori Semiotik. Kemudian diolah melalui analisis SWOT yaitu Strenght (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang) dan Threat (Ancaman). Konsep dasar yang digunakan untuk membangun corporate identity Musick Bus adalah “Toko Musik Bergerak”. Media yang tepat dan sesuai yaitu Logo, Stationery, Folder, Cutting Stiker, Shoping Bag, Price Tag, Iklan Majalah, Seragam Kerja, Billboard dan Katalog.
Kata kunci : Corporate Identity, Musick Bus, Media Komunikasi Visual
References
http://digilib.isi.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.1083
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta
email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id