Teknik Pengembangan Kacapi Siter: Menuju Permainan Kacapi Gaya Baru oleh Yayan Lesmana
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berkembangnya musik gaya baru dan berbagai faktor yang mempengaruhi dalam mengadaptasi, mengadopsi dan mengkonvensi pola tepakan kendang yang diaplikasikan dalam permainan kacapi siter. Kacapi Siter merupakan salah satu alat musik tradisi Sunda yang berfungsi sebagai pembawa melodi lagu (amardawalagu) pada umumnya. Dalam perkembangannya terjadi sebuah perubahan pada teknik dasar, fungsi dan peran, karena adanya kreativitas yang dilakukan oleh para praktisi seni tradisi. Salah satunya adalah Yayan Lesmana, seorang praktisi yang ahli dalam memainkan kacapi siter. Kreativitas merupakan kata kunci dari praktik bermusik, oleh karena itu, konsep proses kreatif Trustho digunakan untuk menggambarkan dan menganalisis bagaimana tepak kendang jaipongan berubah dan dapat diaplikasikan dalam memetik kacapi siter. Konsep tersebut terdiri dari metode mendapatkan bahan: ngrancang, ngentha-entha, nggrambyang, dan metode penciptaan: proses mengubah bentuk dan alih fungsi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan literatur. Penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal dan eksternal berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan konsep dari permainan baru kacapi siter yang dikembangkan oleh Yayan Lesmana. Jenis permainan kacapi siter ini kemudian dikenal dengan kacapi jaipongan gaya Yayan Lesmana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chandra Monica Santoso1, P. Gogor Bangsa, S.Sn., M.Sn.2, Hen Dian Yudani, S. T. 3, Paz, G. B., & Ruíz, A. A. B. (2020). Perancangan Panduan Meditasi Singkat Untuk Umat Buddha Theravada. 3(2017), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Daryanto, J. (2019). Nengsemaken in Surakarta Karaton Karawitan Performance. International Journal of Visual and Performing Arts, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31763/viperarts.v1i1.7
Dewi, V. E. (2020). Transformation of Rinding Gumbeng Traditional Art. Atlantis Press, 491(Ijcah), 886–889. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.148
Hastuti, K., Fanani, A. Z., & Syarif, A. M. (2016). Virtual Player of Melodic Abstraction Instruments for Automatic Gamelan Orchestra. 2nd International Conference on Science in Information Technology (ICSITech), 30–34.
I Made Dwi Rustika Manik, I Nyoman Sudiana, N. P. H. (2021). Wira Chandra’s New Creation Music. 01(03), 204–211. https://doi.org/10.25124/ghurnita.v1i1.383
I Putu Gede Edo Prasetya Dewantara, Kadek Suartaya, I. K. G. (2021). Sangkameteng Karawitan Composition. Ghurnita, 01(01), 47–55. https://doi.org/10.25124/ghurnita.v1i1.212
Julia, Dr., Rohidi, T. R., F., T. S., & Herdini, H. (2017). THE FORMATION OF INDIVIDUAL MUSIC STYLE OF KACAPI INDUNG ACCOMPANIMENT MUSIC IN TEMBANG SUNDA CIANJURAN IN INDONESIA. PONTE International Scientific Researchs Journal, 73(3). https://doi.org/10.21506/j.ponte.2017.3.13
Koentjaraningrat. (1979). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.
Lutfi Salsa Rahayu, Nanang Supriatna, T. S. S. (2021). Kacapi Iringan Lagu Bulan Di Priangan. SWARA - Jurnal Antropologi Pendidikan Musik, 2(1), 16–22.
New, M. A., & Musical, C. (2021). Magineman A New Creative Musical Composition. Gurnita Jurnal Seni Karawitan, 01(02), 134–142. https://doi.org/10.25124/ghurnita.v1i1.335
Pratama, G. M. R. ; S. (2021). Campuhan : Sebuah Musik Kreasi Baru. Ghurnita, 1(2), 92–99. https://doi.org/10.25124/ghurnita.v1i1.149
Rokhani, U., & Haryanto, H. (2021). Rancangan Garap Karya Gending Sekar Jagad Berbasis Motif Batik Gaya Yogyakarta. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(3), 163–172. https://doi.org/10.24821/resital.v21i3.4110
Ruswandi, T. (2016). Kreativitas Mang Koko dalam Karawitan Sunda. Panggung, 26(1), 92–107. https://doi.org/10.26742/panggung.v26i1.165
Ruswandi, Tardi. , N. Asep. , E. D. S. (2022). Keberadaan Jenis Kacapi Dalam Ganre Kesenian Tradisional Sunda. Panggung, 32.
Saepudin, A. (2012). Praktik Karawitan Daerah Lain I Karawitan Sunda (Issue December 2012, pp. 1–70). https://www.researchgate.net/publication/318471504
Saepudin, A. (2015). Perkembangan dan Perubahan Tepak Kendang Jaipongan Suwanda dalam Masyarakat Urban. Journal of Urban Society’s Arts, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.24821/jousa.v2i1.1265
Senn, O., Kilchenmann, L., Bechtold, T., & Hoesl, F. (2018). Groove in drum patterns as a function of both rhythmic properties and listeners’ attitudes. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0199604
Setiaji, D. (2018). Inovasi Musik Kacapi Sebagai Wajah Baru Dari Sajian Kesenian Kacapi Kawih (Studi Kasus Tentang Bentuk Steman Dan Analisis Karya Musik Kacapi Inovasi). Jurnal Pendidikan Seni, 1(1).
Sukanda, Drs. E. (1996). Kacapi Sunda. Jenderal, Direktorat Udayaan, K E Dan, Departemen Pendidikan.
Sutisna, M. D., Suparli, L., & Budi, D. S. U. (2021). Tiwika: Kolaborasi Musik Kaleran dalam Aransemen Kacapi. Pantun, 5(2). http://dx.doi.org/10.26742/pantun.v5i2
Trustho. (2017). Karya Cipta Seni Pertunjukan.
DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v24i3.8563
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.