Pengembangan Metode Pembelajaran Mata Kuliah Tari Surakarta Dasar

Bambang Tri Atmadja

Abstract


Metode pembelajaran mata kuliah Tari Surakarta Dasar di Jurusan Tari FSP ISI Yogyakarta mengalami perubahanparadigma, kurikulum yang memberlakukan pengurangan jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) sesuai denganKurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), berdampak tidak tercapainya isi muatan mata kuliah secara keseluruhandan kualitas. Berdasarkan pengalaman lapangan, perlu adanya pembenahan metode pembelajaran dengan mempertimbangkantingkat kualifi kasi normatif atau standar pembelajaran. Hal ini dapat dilakukukan dengan cara memadatkanmateri ajar rantaya I dan II menjadi satu materi yang mewakili keseluruhan dalam kesatuan materi rantayaputri, rantaya putra alus dan rantaya putra gagah. Pemadatan masing-masing materi tari dasar dilakukan agar pesertadidik secara mudah belajar tarian bentuk pada jenjang mata kuliah berikutnya.

Keywords


rantaya, tari surakarta, kurikulum tari.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v10i2.484

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.