Konsep Mandheg dalam Karawitan Gaya Surakarta
Abstract
Tulisan ini mengungkap mandheg sebagai salah satu konsep lokal di dalam karawitan Jawa gaya Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persoalan yang terkait dengan pengertian mandheg, proses terjadinya mandheg, hal-hal yang berhubungan dengan pemaknaan, elemen pembentuk, dan fungsi mandheg di dalam proses penggarapan gending. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara, dan pengamatan pertunjukan. Analisis dilakukan dengan menafsirkan kembali pemikiran dan pengalaman pengrawit yang diperoleh melalui realitas pragmatik. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa mandheg dimaknai sebagai sajian gending yang berhenti sejenak pada sebuah titik dengan ciri pola kendangan mandheg dan alur yang spesifik setelah mandheg. Mandheg dibagi menjadi dua yaitu mandheg kedah dan mandheg pasrèn, dengan elemen pembentuk, antara lain andhegan gawan, kalimat lagu, variabel melodi balungan, dan sekar. Mandheg bersifat wajib dan fakultatif. Andhegan dan variabel yang spesifik membuat mandheg sebagai pembentuk sajian gending menjadi dinamis.
The Concept of Mandheg in Karawitan of Surakarta Style. This research reveals mandheg as one of the local concepts of Javanese music, especially the Surakarta style. Generally, some issues are explored in this research are related to the definition of mandheg and the process of mandheg itself. In more depth, this paper also discusses some point relating to the meaning, forming elements, and functions of mandheg in the process of gending work. These points are explained based on data on the presentation of a musical instrument as a factual data exploration media. The data collection was carried out by literature study, interviews, and also as a participant-observer. The analysis is carried out by reinterpreting the thoughts and experience of the pengrawit through practical reality. The interpretation uses the interpretation method and garap analysis. The explanation and getting conclusions are carried out by the inductive method. The mandheg is interpreted as a gendhing presentation that pauses at a point with the characteristic of the pattern of the kendhangan and the spesific flow after mandheg. The mandheg is divided into two, namely the mandheg kedah and mandheg pasrèn, with the elements of forming andhegan gawan, song sentences, balungan melodic variables, and sekar. The tend of mandheg are mandatory and facultative. Andhegan and specific variables make mandheg as forming a dynamic presentation
Keyword: mandheg; javanese gamelan; pasrèn
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmodjo, P. (1987). Kamus Bahasa Jawa (Bausastra Jawa). Surabaya: Djojo Bojo.
Atmojo, B. S. (2010). Kendhangan Pamijen Gending Gaya Yogyakarta. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 11(1).
Budi Prasetya, H. (2012). Pathêt: Ruang Bunyi dalam Karawitan Gaya Yogyakarta. Panggung: Jurnal Seni & Budaya, 22(1).
Budiarti, M. (2013). Konsep Kepesindenan dan Elemen-Elemen Dasarnya. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(2), 147–156.
Darmasti. (2011). Kidung Kandhasanyata Sebagai Ekspresi Estetik Pesinden Wanita Mardusari. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 11(2).
Hastanto, S. (2009). Konsep Pathet dalam Karawitan Jawa. Surakarta: ISI Press.
Hastanto, S. (2012). Konsep Êmbat dalam Karawitan Jawa. Panggung: Jurnal Seni & Budaya, 22(3).
Irawati, E. (2016). Transmisi Kelentangan dalam Masyarakat Dayak Benuaq. Resital : Jurnal Seni Pertunjukan, 17, 1–25.
Lestariningsih, S. (2016). Makna Dan Implikasi Keteg Di Dalam Garap Gending. Tesis Program Studi Pengkajian Seni Minat Musik ISI Surakarta, Surakarta.
Martopangrawit. (1969). Pengetahuan Karawitan I. Surakarta: Dewan Mahasiswa Akademi Seni Karawitan Indonesia.
Nursulistiyo, E. (2019). Pemanfaatan Siter, Kendang, Saron, Kenong, dan Gender sebagai media pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 5.
Prasetya, H. B., Haryono, T., & Simatupang, L. L. (2016). Habitus, Ngêng, dan Estetika Bunyi Mlèsèt dan Nggandhul pada Karawitan. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 1(2), 152.
Rahayu, S. (2018). Estetika Wangsaan dalam Lagu Sindhenan Karawitan Jawa. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 16(1).
Saraswati, B. A. (2013). Perjalanan hidup dan kreatifitas sang pesindhèn. Dewa Ruci, 8(2), 157–177.
Setyawan, S. (2018). Kendangan Pinantut dalam Sajian Klenengan. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 16(1).
Subuh, S. (2016). Garap Gending Sekaten Keraton Yogyakarta. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(3), 178–188.
Sugimin. (2005). Pangkur Paripurna (Kajian Perkembangan Garap Musikal). Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta, Surakarta.
Sugimin. (2013). Aneka Garap Ladrang Pangkur. Keteg : Jurnal Pengetahuan, Pemikiran dan Kajian Tentang “Bunyi,” 13(aneka garap ladrang pangkur), 88–122.
Supanggah, R. (2009). Bothekan Karawitan II: Garap. Surakarta: ISI Press.
Suraji. (2005). Sindhenan Gaya Surakarta. Tesis Program Studi Pengkajian Seni Minat Musik STSI Surakarta, Surakarta.
Surya Osada, S. (2015). Etnomatematika Dalam Titi Laras Dan Irama Pada Karawitan Jawa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 475–481.
Suyoto. (2016a). Carem: Puncak Kualitas Bawa Dalam Karawitan Gaya Surakarta. UGM, Yogyakarta.
Suyoto. (2016b). Sukon Wulon dalam Tembang Macapat: Studi Kasus Tembang Asmaradana. Keteg : Jurnal Pengetahuan, Pemikiran dan Kajian Tentang “Bunyi,” 16(1).
Suyoto, Timbul Haryono, S. H. (2015). Estetika Bawa dalam Karawitan Gaya Surakarta. Resital : Jurnal Seni Pertunjukan, 16(1), 36–51.
Teguh. (2017). Ladrang Sobrang Laras Slendro Patet Nem. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 18(2), 103–112.
Yasa, I. K. (2017). Aspek Musikologis Gêndér Wayang dalam Karawitan Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(1).
Diskografi
Atmosoenarto. 1991. Onang-onang. (Pita kaset). ACD-014. Lokananta Recording.
Soekarno. tt. Budheng-budheng. (Pita kaset). ACD-093. Lokananta Recording.
Atmosunarto. 1991. Gambirsawit. (Pita kaset). ACD-101. Lokananta Recording.
Soekarno.1983. Bontit. (Pita kaset). ACD-103. Lokananta Recording.
Atmosunarto. tt. Rujak Sentul. (Pita kaset). ACD-058. Lokananta Recording.
Supanggah, Rahayu. 1983. Aneka Jineman Volume 1. (Pita kaset). ACD-239. Lokananta Recording.
Sardiman. 1990. Aneka Jineman. (Pita kaset). KGD-196. Kusuma Record.
Informan
Suyadi Tedja Pangrawit (72), spesial penyaji ricikan rebab dan kendhang. Empu karawitan gaya Surakarta, pensiunan pengrawit RRI Surakarta. Jurug, Ngringo, Jaten, Karanganyar.
Suwito Radyo (62), Empu karawitan gaya Surakarta, spesial penyaji ricikan kendhang, tindhih Abdi Dalem Pengrawit Kasunanan Surakarta, pimpinan kelompok karawitan Cahya Laras. Klaten. Sraten Rt2/5, Trunuh, Klaten Selatan, Klaten.
Sukamso (61), spesial penyaji ricikan gendèr, dosen Jurusan Karawitan, aktif dalam mengikuti kegiatan klenèngan Pujangga Laras. Benowo Rt 006/008, Ngringo, Jaten, Karanganyar.
Purnomo (43),pengendang wayang dan praktisi karawitan Surakarta. Sabrang Lor RT 01 RW 28, Mojosongo, Surakarta.
Tugini (75), spesial penyaji vokal sinden. Pesinden Ki Narto Sabdo. Jl. Jambu No. 62 RT4/6, Jajar, Laweyan, Surakarta.
Suraji (58), dosen Jurusan Karawitan dan praktisi karawitan. Benowo RT 06/VIII, Ngringo, Jaten, Karanganyar.
Bambang Sosodoro R.J. (37), Seniman Karawitan dan Dosen Jurusan Karawitan. Ngemplak RT. 01 RW. 29, Mojosongo, Jebres, Surakarta.
DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v20i2.3219
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.