Transmisi Kelentangan dalam Masyarakat Dayak Benuaq
Abstract
Kelentangan merupakan praktik musikal masyarakat Dayak Benuaq yang masih berkembang hingga saat ini. Musik ini diwariskan dari generasi ke generasi. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan aspek-aspek transmisi kelentangan meliputi konten, pelaku, dan mekanisme transmisi. Pelaku utama dari transmisi kelentangan ialah para pemusiknya, sedangkan kontennya yang utama adalah kelentangan itu sendiri sebagai praktik musikal. Kelentangan ditransmisikan hampir selalu secara tidak disadari, baik oleh guru maupun murid. Guru melakukan eksternalisasi, sementara murid mengalami internalisasi. Proses ini umumnya terjadi dalam setting informal kehidupan masyarakat Dayak Benuaq, misalnya dalam ritual pengobatan, berbagai pesta, dan peristiwa-peristiwa lain, bukan dalam sebuah setting pembelajaran yang formal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsana, I. N. C., Simatupang, G. L. L., Soedarsono, R. M., & Dibia, I. W. (2014). Kosmologis Tetabuhan dalam Upacara Ngaben. RESITAL: JURNAL SENI PERTUNJUKAN, 15(2), 107-125.
Blacking, John. (1987). A Commonsense View of all Music: Reflections on PerGrainger’s Contribution to Ethnomusicology and Music Education. Cambridge: Cambridge University Press.
Campbell, Patricia Shehan. (2011). “Teachers Studying Teachers: Pedagogical Practices of Artist Musicians”. Dalam Timothy Rice, ed. Ethnomusicological Encounters with Music and Musicians: Essays in Honor of Robert Garfias. London: Ashgate.
Coomans, Michael. (1987). Manusia Dayak Dahulu, Sekarang, Masa Depan. Jakarta: Gramedia.
Irawati, Eli. (2012). Makna Simbolik Pertunjukan Kelentangan Dalam Upacara Belian Sentiu Suku Dayak Benuaq Desa Tanjung Isuy, Kutai Barat, Kalimantan Timur. [Tesis S-2] Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
Irawati, Eli. (2013). Eksistensi Tingkilan Kutai Suatu Tinjauan Etnomusikologis. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Lehmann, Andreas, John Sloboda, & Robert Woody. (2007). Psychology for Musicians: Understanding and Acquiring the Skills. New York: Oxford University Press.
Marinis, Marco de. (1993). The Semiotics of Performances. Indianapolis: Indiana University Press.
Merriam, Alan P. (1964). The Anthropology of Music. Evanston: Northwestern University Press.
Nettl, Bruno. (1964). Theory and Method in Ethnomusicology. New York: Free Press.
CHRISTANTO, W. (2013). AMÈN: Tatakelola Wayang Jekdong dalam Tradisi Jawa Timuran. RESITAL : JURNAL SENI PERTUNJUKAN, 9(2), 112-117. doi:http://dx.doi.org/10.24821/resital.v9i2.462
Prasetya, H. B., Haryono, T., & Simatupang, L. L. (2011). Habitus, Ngêng, dan Estetika Bunyi Mlèsèt dan Nggandhul pada Karawitan. Paradigma, Jurnal Kajian Budaya, 1(2), 152-167.
Rousseau, Jerome. (1990). Central Borneo: Ethnic Identity and Social Life in a Stratified Society. Oxford: Clarendon Press.
Schippers, Huib. (2010). Facing the Music: Shaping Music Education from a Global Perspective. New York: Oxford University Press.
Schönpflug, Ute. 2009. “Introduction to Cultural Transmission: Psychological, Develop-mental, Social, and Methodological Aspects”. Dalam Ute Schönpflug, ed. Cultural Transmission: Psychological, Developmental, Social, and Methodo-logical Aspects. Cambridge: Cambridge University Press.
Shelemay, Kay Kaufman. (2008). “Ethnomusicologist, Ethnographic Method, and the Transmission of Tradition”. Dalam Gregory F. Barz & Timothy J. Cooley, eds. Shadows in the Field: New Perspectives for Fieldwork in Ethnomusicology. New York: Oxfor University Press.
Sumarsam. (2004). “Opportunity and Interaction: The Gamelan from Java to Wesleyan”. Dalam Ted Solis, ed. Performing Ethnomusicology: Teaching and Represent-ation in World Music Ensembles. Berkeley: University of California Press.
Yampolsky, Philip. (1998). Music of Indonesia 17, Kalimantan: Dayak Ritual and Festival Music. Washington: Smithsonian Folkways, Center for Folklife Program and Cultural Studies.
DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v17i1.1686
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.