Penciptaan Film Seri Animasi “Sahabat Pancasila” sebagai Media Pendidikan Moral Pancasila di Kanal Youtube

Arif Sulistiyono, Mohammad Arifian Rohman

Abstract


Pancasila sebagai landasan ideologi diharapkan menjadi watak yang mencirikan pribadi bangsa Indonesia. Toleransi antar umat beragama sebagai bagian nilai-nilai moral Pancasila idealnya tumbuh dalam kesadaran batin setiap manusia. Sikap toleran dapat ditanam dan dipelihara sejak usia dini sebagai bagian pendidikan karakter. Edukasi dalam bentuk film dianggap lebih efektif di tengah tumbuh kembang budaya layar saat ini. Film animasi “Sahabat Pancasila” dibuat sebagai salah satu usaha menanamkan nilai-nilai moral Pancasila kepada anak melalui contoh kongkrit menghormati ibadah pemeluk agama lain. Penggambaran sikap toleransi melalui adegan dan dialog dalam bentuk film animasi diharapkan lebih menarik perhatian, mudah diingat dan dapat ditiru oleh penonton anak-anak. Akan tetapi bentuk edukasi nilai-nilai moral Pancasila melalui film tidak cukup hanya dengan satu judul film, melainkan harus ada judul-judul lain yang sesuai dengan butir-butir Pancasila lainnya dan ditayangkan secara berkelanjutan supaya mudah diingat anak-anak. Film animasi ini dibuat dengan metode five-stage production dalam bentuk dua-dimensi digital dan ditayangkan melalui kanal YouTube agar mudah dijangkau penontonnya.


Keywords


educational animation; moral education; Sahabat Pancasila

Full Text:

PDF

References


Chadha, R. (2018, April). YouTube users in Indonesia are drawn to educational videos over entertaining ones. (Business Insider) Retrieved September 6, 2020, from https://www.businessinsider.com/youtube-users-in-indonesia-are-drawn-to-educational-videos-2017-4?r=US&IR=T

Detta Rahmawan, J. N. (2018, Mei). Potensi YouTube sebagai Media Edukasi bagi Anak Muda. Journal of Library and Information Science, 8(1), 97.

Detta Rahmawan, J. N. (2018, Mei). Potensi YouTube sebagai Media Edukasi bagi Anak Muda. Journal of Library and Information Science, 8(1), 96.

Wright, J. A. (2005). Animation Writing and Development: From Script Development to Pitch. Burlington, MA: Focal Press.

Dwight V. Swain, J. R. (2007). Film Scriptwriting: A Practical Manual, Second Edition. Stoneham, MA: Focal Press.

Catherine Winder, Z. D. (2001). Producing Animation. Burlington, MA: Focal Press.

Achmad, N. (2001). Pluralitas Agama, Kerukunan dalam Keragaman. Jakarta: Kompas.

Digdoyo, E. (2018). Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya dan Tanggung Jawab Sosial Media. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 47.

Wach, J. (1971). Sosiology of Religion. Chicago and London: University of Chicago Press .

Foundation, W. (2017, Oktober 18). Potensi Intoleransi dan Radikalisme Sosial Keagamaan di Kalangan Muslim Indonesia. Retrieved September 21, 2020, from http://wahidfoundation.org/index.php/publication/detail/Hasil-Survey-Nasional-2016-Wahid-Foundation-LSI

Karim, M. A. (2004). Menggali Muatan Pancasila dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Surya Raya.

Nany, Y. C. (2009). Menanamkan Nilai Pancasila pada Anak Sejak Usia Dini. Humanika, 9(1), 108.

Cathrin, S. (2011). Peran Pemerintah dalam Aktualisasi, Internalisasi dan Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila. Kongres Pancasila III "Harapan, Peluang dan Tantangan Pembudayaan Nilai-nilai Pancasila". Universitas Airlangga, Surabaya.

Hatika, R. G. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 13-77.

Pathoni, H. (2013). Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Kuliah Fisika Modern. Jurnal Sainmatika, 7(1), 2013.

N. Nurmaningsih, D. J. (2013). Pengembangan Media Animasi Biologi Dan Efektivitasnya Terhadap Peningkatan Minat Serta Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 91-100.

Gokcearslan, A. (2010). The Effect of Cartoon Movies on Children’s Gender Development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 5202-5207.

Y. Cohen, J. B. (2014). Audience Identification with Media Characters. Journal of Psychology of Entertainment, 183-197.

Panda, R. K. (2019). A Meta Analysis on Effective Conditions to Offer Animation Based Teaching Style. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 16(1), 129-153.

Retnowati, R. D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bunyi untuk Siswa Tunarungu di SMALB. Jurnal pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 30-40.

Mutiaz, D. J. (2014). Perancangan Serial Animasi 3d ‘Steven’s Habits’ sebagai Media Pendidikan Karakter yang Efektif untuk Anak melalui Prinsip 7 Habits. Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain, 3(1).

T. Y. Aslah, H. F. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. Jurnal Teknik Informatika, 11(1).

Agustina, E. (2013). Pangembangan Media Animasi Flash Sajrone Ngundhakake Kawasisan Nulis Kombinasi Pasangan Aksara Jawa Siswa Kelas VII SMPN 1 Pagerwojo Tulungagung Taun Ajaran 2012/2013. Jurnal Online Baradha, 1(3).

Sodiq, N. A. (2018). engembangan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Psychowriting Kelas VIII B MTs Ihyaul Ulum Dukun, Gresik. Bapala, 5(2).

Guntur, T. A. (2014). Perancangan Karakter Antropomorfik Eka Dasa Rudra sebagai Media Pengenalan Folklor Bali. Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain, 3(1).

H. Nuriman, S. S. (2017). Model Teknokultur Pendidikan Sejarah Indonesia melalui Seni (Studi Kasus: Animasi Pangeran Diponegoro dalam Lukisan Raden Saleh dengan Facial Motion Capture Technology). Seminar Nasional Seni dan Desain 2017, pp. 448-456.

Sabana, K. R. (2016). Re-Interpretasi Budaya Tradisi dalam Karya Seni Kontemporer Bandung Karya Radi Arwinda. Panggung, 26(3).

Sofica, H. D. (2017). Animasi Interaktif Pengenalan Lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila. Information Management for Educators and Professionals, 1(2).

Hadiwijono, A. (2016). Pendidikan Pancasila, Eksistensinya Bagi Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1).

Hall, B. (2015). UNDERSTANDING CINEMATOGRAPHY. Wiltshire: The Crowood Press.

Mozgovyi, V. (2019). Pedagogical Animation: Educational Practices of Ukraine and Poland. Comparative Professional Pedagogy, 9(2).

Catherine Winder, Z. D. (2013). Producing Animation. Burlington, MA: Focal Press.

Lutters, E. (2010). Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: Grasindo.

Herlina. (2013). Mengatasi Masalah Anak dan Remaja melalui Buku. Bandung: Cendekia Utama.




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v17i2.5197

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats