Aspek Perlindungan Anak dalam Iklan Televisi: Kajian Terhadap Iklan Televisi Yang Melanggar Kode Etik Periklanan

Novi Mayasari

Abstract


Abstrak
Iklan telah menjadi salah satu bagian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Setiap hari,
baik secara sadar maupun tidak kita selalu terpapar oleh iklan. Ketika menonton acara televisi
favorit kita, tiba-tiba acara terhenti oleh iklan, ketika kita membaca koran, majalah atau bahkan
ketika kita berangkat kerja kita selalu bertemu dengan iklan entah itu dalam bentuk poster,
spanduk, baliho maupun iklan di media cetak. Banyaknya iklan yang beredar di masyarakat
tentu saja memberikan pengaruh yang besar pada para konsumen mulai dari pengaruh yang
berupa pembelian maupun pengaruh sederhana seperti meniru iklan. Besarnya pengaruh iklan
tersebut tentu saja harus diimbangi dengan sikap bijaksana terutama terkait dengan pengaruh
iklan terhadap anak-anak. Sayangnya saat ini masih banyak iklan televisi yang melanggar
etika pariwara Indonesia terkait dengan aspek perlindungan anak. Di antaranya adalah Iklan
televisi Permen Jagoan Neon versi “Mountain Bike”, Iklan Mie Sedap versi “Kerja Bakti”,
Iklan Gerry Chocolatos versi “Masuk ke Dalam kulkas” serta iklan mie sedap versi “rasa ayam
spesial”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang lebih
menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis
terhadap dinamika hubungan antarfenomena yang diamati, dengan menggunakan logika
ilmiah. Data yang peneliti peroleh baik melalui penelitian kepustakaan maupun penelitian
lapangan akan di analisis secara deskriptif-kualitatif. Penelitian deskriptif melakukan analisis
hanya sampai taraf deskripsi, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik
sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan.

 

Aspects of the Protection of Children in Television Commercials: Study on the Breaking
Television Advertising Advertising Code. Advertising has become one part in people’s daily
lives. Every day, either consciously or not we are always exposed to the ads. When watching
a favorite television show us, suddenly interrupted by advertising the event, when we read
the newspapers, magazines or even when we go to work we are always met with the ad either
in the form of posters, banners, billboards and print ads. The number of ads that circulate in
the community of course have a considerable influence on the consumer from the impact or
influence the purchase of a simple form such as imitating the ad. The magnitude of the effect of
such advertising must of course be balanced with prudence, especially relating to the influence
of advertising on children. Unfortunately today there are many television ads that violate ethics
Indonesia advertisement related to aspects of child protection. Among these are television ads
Neon Candy Stud version of “Mountain Bike”, Ad Noodle Savoury version of “Work Activity”,
Ad Gerry Chocolatos version of “Go to In the fridge” and savory noodles ad version “special
chicken flavor”. This study is a qualitative research, which is a type of research that is more
emphasizes the analysis of deductive and inductive inference process and the analysis of the
dynamics of the relationship antarfenomena observed, using scientific logic. Researchers data
obtained through library research and field research will be descriptive - qualitative analysis.
Descriptive study analyzing only to some descriptions, which analyze and present the facts in
a systematic way so that it can be easily understood and concluded.


Keywords


advertisement; advertising ethics; child protection

Full Text:

PDF

References


Ashadi Siregar, Etika Komunikasi, Pustaka

Book Publisher: Yogyakarta, 2008.

Badruzaman dkk, Media dan Sumber Belajar

TK, Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta,

Dinie Ratri Desiningrum dan Unika Prihatsanti,

Studi Deskriptif Mengenai frekuensi

Menonton Televisi dan Main Game

Elektronik Pada Anak Di Semarang,

Jurnal Psikologi Pitutur, Volume I, No.2,

Juni 2011.

Frank Jefkins, Periklanan, Erlangga, Jakarta,

http://agungsmail.wordpress.com/2010/06/28/

ga-bisa-bohong/ diakses tanggal 24

November 2013.

http://audreymichellearetharatu.wordpress.

com/2012/06/29/konten-iklan-yangsemakin-

tidak-mendidik/ diakses tanggal

November 2013.

http://history1978.wordpress.com/2012/01/01/

iklan-mie-sedap-melecehkan-profesiguru/

http://www.kpi.go.id

http://www.Lensa Indonesia.com diakses

tanggal 24 Maret 2013

h t t p : / / w w w. t v c o n a i r. c o m / v i e w _

ad.php?id=12090298 diakses tanggal 24

November 2013.

http://writeismyworld.blogspot.com/2012/10/

media-buta-tuli-dan-bisu-terhadap-etika.

html

Noviani Ratna, Jalan Tengah Memahami Iklan,

Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2002.

Pedoman perilaku Penyiaran dan Standar

Program Siaran Komisi Penyiaran

Indonesia (KPI)

Ridwan Handoyo, Dasar-dasar Periklanan 1,

P3I, 2011.

Suwarma AM dan Anna Poedjiadi, Filsafat

Ilmu, Penerbit Universitas Terbuka,

Jakarta, 2012

Tata Krama dan Cara Etika Periklanan Indonesia

(EPI)

Tams Djayakusumah, “Periklanan”, Armico,

Bandung, 1982

Taufik H. Simatupang, Aspek Hukum Periklanan

(Dalam Perspektif Perlindungan

Konsumen), Citra Aditya Bakti, Bandung,

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang

Perlindungan Anak.




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v10i1.3247

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats