Klaim Kebenaran Filmis Dokumenter: Problem dan Alternatif Sudut Pandang
Abstract
Klaim kebenaran filmis yang berlaku bagi dokumenter perlu diselidiki dengan pertimbangan bahwa notabene gagasan tentang kebenaran filmis diletakkan pada dua aspek, yaitu: realitas dan sineas. Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana persoalan itu berkembang, serta mencari berbagai kemungkinan atau alternatif untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Hasil penyelidikan tersebut menjadi dasar bagi konseptualisasi tentang kebenaran filmis dokumenter dengan cara mempertimbangkan peletakan kebenaran filmis pada aspek lain, di luar realitas dan sineas. Langkah awal penyelidikan fokus kepada literature review, di mana langkah ini menjadi cara yang efektif untuk menyarikan beberapa pemikiran penting dan mengkritisi pemikiran terkait klaim kebenaran filmis dokumenter. Hasil literature review menunjukkan adanya celah persoalan yang harus diselesaikan terkait klaim kebenaran filmis dokumenter. Persoalan itu muncul karena belum adanya satu gagasan yang secara signifikan menyebut pembacaan kebenaran filmis secara kognitif. Itu artinya, proses kognitif yang berlangsung selama kegiatan menonton belum sepenuhnya dibahas sebagai fokus dalam beberapa kajian tersebut. Problem inilah yang mendasari tawaran alternatif berupa pelibatan penonton untuk membaca kebenaran filmis dokumenter melalui pengamatan terhadap keberadaan unsur filmis di sepanjang alur dan plot. Konseptualisasi ini menemukan istilah bagi cara pandang penonton terhadap klaim kebenaran filmis, yaitu keterpercayaan. Istilah keterpercayaan ini akan dikaji secara khusus sebagai istilah baru bagi klaim kebenaran filmis dokumenter pada penelitian selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aguilar, Gonzalo J. 2013. Andermann et al. (eds.), The Documentary: Between Reality and Fiction, between First and Third Person.
Antonacopoulou, Elena P., Yiannis Gabriel. 2001. Emotion, Learning, and Organizational Change: Toward an Integration of Psychoanalytic and other Perspective. Journal of Organizational Change Management. 14; 5; ProQuest pg. 435.
Arps, Bernard dan Katinka Van Heeren. 2006. Ghosthunting And Vulgar News: Popular Realities on Recent Indonesian Television. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aufderheide, Patricia. 2007. Documentary Film: A Very Short Introduction. Oxford: Oxford University Press.
Ayisi, Florence, Catalin Brylla. 2013. The Politics of Representation and Audience Reception: Alternative Visions of Africa. Research in African Literatures. Volume 44, Number 2, , 125-141.
Beattie, Keith. 2004. Documentary Series: Non-fiction Film and Television. New York: Palgrave Mac Millan.
Blumenberg, Richard. M., 1977. Documentary Films and the Problem of "Truth". Journal of the University Film Association, Vol. 29, No. 4.
Bordwell, David. 1991. Making Meaning: Inference and Rhetoric in the Interpretation of Cinema. USA: Harvard University Press.
Bondebjerg, Ib. 2014. Documentary and Cognitive Theory: Narrative, Emotion and Memory, Journal of Media and Communication, Volume 2, Issue 1, Pages 13–22.
Deogracias, José Cabeza San. 2013. Thinking about television audiences: Entertainment and reconstruction in nature documentaries. European Journal of Communication 28(5), 570–583.
Eisenstein, Sergei. 1969. Film Form. San Diego: A Harvest Book.
Ellis, Jack. C. 1989. The Documentary Idea: A Critical History of English-Language Documentary Film and Video. New Jersey: Prentice Hall.
Michelle, Carolyn. 2007. Modes of Reception: A Consolidated Analytical Framework. The Communication Review, 10: 181–222.
Nichols, Bill. 2001. Introduction to Documentary. Bloomington: Indiana University Press.
Persson, Per. 2003. Understanding Cinema: A Psychological Theory of Moving Imagery. Cambridge: Cambridge University Press.
Rosenthal, Alan (ed). 1988. New Challenge for Documentary: The Voice of Documentary. Berkeley: University of California.
Takahashi, Tess. 2011. Experiments in Documentary Animation: Anxious Borders, Speculative Media. Animation: An Interdisciplinary Journal, 6(3) 231–245.
Williams, Linda. 1993. Mirrors without Memories: Truth, History, and the New Documentary. Film Quarterly, Vol. 46, No. 3 (Spring, 1993).
Wilson, Tony. 1997. Participatory Identification: Toward a Phenomenology of Audience Reception. Journal of Media International Australia No. 83, 113-122.
DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v14i2.1715
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.