Peranan Pemilihan Strategi dan Stilistika dalam Iklan di Televisi

Mezia Kemala Sari

Abstract


Televisi adalah salah satu media terbaik saat ini yang dapat menghubungkan tujuan-tujuan dari para produsernya dengan kebutuhan konsumen. Tayangan televisi sangat penting sehingga konsumen dapat dengan mudah mendapatkan hal-hal baru melalui tayangan televisi seperti iklan. Iklan menjadi sangat penting ketika produser ingin menawarkan produk atau jasa. Hal ini dapat dengan mudah dicapai dengan membuat iklan di televisi untuk mendapatkan perhatian pembeli yang potensial. Tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan pesan iklan tersebut dengan menarik yang dikemas untuk menjaring konsumen. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih strategi adalah relevansi akan produk itu sendiri, pesaing dan target pasar juga harus jelas. Iklan harus memerhatikan aspek iklan, yaitu stilistika. Dalam mendapatkan keunikan gaya, produsen dapat menggunakan penggunaan strategi bahasa seperti slogan, pemilihan karakter yang menarik, pemilihan strategi yang tepat dan juga menggunakan elemen iklan lainnya. Pemilihan strategi iklan akan menentukan penyampaian gaya bahasa pesan melalui bentuk kreativitas untuk mendapatkan respons konsumen yang lebih baik.

The Role of Selection and Stylistics Strategies in Advertising on Television. Television is one of the best medium today that can connect producers’goals with consumers' needs. The televisions’ impressions are crucial so that consumers can easily get new things through the television’s impressions like advertisment. Advertisment becomes very important when producer wants to offer product or service. It can be easily achieved by making advertisment on television to get potential buyers’attention.The main goal is to deliver advertising messages by using attractive packaged to stimulate consumers. The things that should be considerated in choosing strategies are the relevancies to product itself, competitors and also clear target market. Advertisement should pay attention to the Stylistics’ advertising aspects. In getting the uniqueness of style, producers can  use language strategies usage like slogans, selection of interesting characters, selection of appropriate strategies and also using other advertising elements. The selection advertisements’ strategies  will determine conveying stylistics’ messages through form of creativity to get the better consumer response.


Keywords


strategi pemilihan; gaya bahasa iklan; televisi

Full Text:

PDF

References


Batey, Ian. 2003. Asian Branding: A Great Way to Fly. Alih bahasa: Abdul Wahab. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Anton WW, Hendrawan S. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Effendi, Onong. 1981. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni.

Hakim, Budiman.2005. Lanturan Tapi Relevan, Dasar-Dasar Kreatif Periklanan. Yogyakarta: Galang Press.

Karana, Novita Puspasari. 2007. Strategi Komunikasi Media Televisi untuk Produk Rokok Mild (Studi Antar Kasus: Rokok A-Mild, Star Mild, dan L.A.Lights). Skripsi; ITB Central Library.

Kompas, Kamis, 6 Maret 2003.

Madjadikara, Agus S. 2004. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan? Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Kajian Stilistika. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Roman, Kenerth, Jane Maas dan Martin Nisenholtz. 2005. How to Advertise: Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran Baru. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suhandang, Kustadi.2005. Periklanan: Manajemen, Kiat, dan Strategi. Bandung: Nuansa.

Sutherland, Max & Alice K. Sylvester .2005. Advertising and The Mind of The Consumer: Bagaimana Mendapatkan Untung Berlipat Lewat Iklan yang Tepat. Penerjemah: Setia Bangun. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Verdonk, Peter. 2002. Stylistics. Oxford University Press.

Wibowo, wahyu. 2003. Sihir Iklan: Format Komunikasi Mondial dalam Kehidupan Urban-Kosmopolitan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v11i1.1290

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats