Representasi Kisah Perang Bubat Dalam Karya Ensambel Perkusi Oleh Kelompok Studi Perkusi (KESPER)
Abstract
Perang Bubat sebagai inspirasi karya ensambel perkusi merupakan aplikasi yang didapatkan dari menelaah informasi, kajian sejarah dan kisah perang bubat dalam setiap bagian yang direpresentasikan kedalam karya musik perkusi oleh KESPER dengan format ensambel modern. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendakatan deskriptif analisis, cara pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dari masing-masing sumber yang terkait dengan penelitian ini. Musik perkusi dapat merepresentasikan sebuah suasana yang terjadi dalam kisah perang bubat, dengan memberikan ekspresi sebagai emosi dalam pengkaryaan ensambel perkusi itu sendiri. Rangkaian bagian dalam kisah perang bubat dibuat sedemikian rupa sehingga dapat mawakili isi dari kisah perang bubat itu sendiri. Musik perkusi bukan hanya dapat menciptakan musik yang keras tapi juga dapat memberikan kesan romantis terhadap penikmatnya.
Abstract
Representation of the Bubat War Story in Percussion Ensemble Works by the Percussion Study Group (KESPER). Bubat War as the inspiration for the percussion ensemble work is an application obtained from examining information, historical studies and the story of the Bubat War in each part, represented in percussion music by KESPER with a modern ensemble format. The method used is qualitative with a descriptive-analytical approach, collecting data such as observation and interviews from each source associated with this research. Percussion music can represent an atmosphere that occurs in the war story of Bubat by expressing emotion in the percussion ensemble itself. The series of parts in the war story is made to represent the contents of the report of the war story itself. Percussion music can not only create loud music but can also give a romantic impression to the audience.
Keywords: Representation, Bubat War, Percussion Ensemble, KESPER
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baihaqi, I. (2015). Resepsi Cerita Perang Bubat Dalam Novel Niskala Karya Hermawan Aksan. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(2), 61–71.
Blades, J. (1984). Percussion instruments and their history. Faber and Faber.
Hall, S. (2020). The work of representation. In The applied theatre reader (pp. 74–76). Routledge.
Hutcheon, L. (2003). A Theory of Adaptation. Routledge.
Jones, G. T. (1974). Music Theory: The Fundamental Concepts of Tonal Music Including Notation, Terminology, and Harmony.
Kraus, P. (1966). Modern mallet method: for vibes, xylophone, marimba. Belwin Mills.
Mack, D. (2012). Ilmu Melodi: Ditinjau dari segi Budaya Musik Barat. Pusat Musik Liturgi.
Mangkudimedja, R. M. (1979). Serat Pararaton (Ken Arok). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Bacaan dan ….
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In PT Remaja Rosdakarya (Cetakan ke, Vol. 410). PT Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305#
Permana, C. S. (2017). Model Penciptaan Karya Lagu Anak Populer yang Berangkat dari Nilai Tradisi. PROMUSIKA, 5(2), 112–123.
Pradana, R. G., Salim, A., & Santoso, Y. C. B. (2018). Penerapan Teknik Empat Mallet Pada Lagu Tambourin Paraphrase Untuk Solo Marimba Karya Keiko Abe. PROMUSIKA, 6(2), 90–101.
Purnama, I. Y., Yudiaryani, Y., Pudjasworo, B., Prasetya, H. B., & Widodo, T. W. (2019). Contributing to the Actualization of Performing Arts to Improve Education National Character. 2nd International Conference on Arts and Culture (ICONARC 2018), 276(Iconarc 2018), 194–197. https://doi.org/10.2991/iconarc-18.2019.48
Salim, D. (2009). Psikologi Musik. Yogyakarta: Galangpress.
Sitompul, A. (2017). Metamorfosis Kupu-kupu: Sebuah Komposisi Musik. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 5(1), 17–24.
Sukotjo, S. (2021). Kolaborasi Alat Musik Barat dan Alat Musik Trasidional dalam Gambang Kromong Betawi. PROMUSIKA, 9(2), 109–122.
Supriatin, Y. M. (2018). Perang Bubat, Representasi sejarah abad ke-14 dan resepsi sastranya. Patanjala: Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 10(1), 51–56.
Sutaryo, H. N., Widodo, T. W., & Simbolon, M. K. (2022). Penerapan Tangga Nada Pentatonis dalam Penciptaan Musik Gavotte untuk Kuartet Gitar. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 10(2), 97–103.
Tjahyadi, I. (2020). Representasi Probolinggo dalam Seni Pertunjukan Musik Patrol Kelabang Songo. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 8(2), 69–89.
DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v11i1.9220
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 PROMUSIKA
P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)