Konstruksi Aransemen Bagimu Negeri Melalui Penerapan Ilmu Harmoni dan Kontrapung Dasar

Veronica Yoni Kaestri, Tri Wahyu Widodo

Abstract


Artikel ini mengungkapkan proses aktivitas belajar mahasiswa dalam memahami ilmu harmoni dan kontrapung dasar dalam membentuk sebuah aransemen musik. Ilmu harmoni dan kontrapung merupakan ilmu dasar dalam memperlajari penyusunan nada. Dalam proses penyusunan nada terdapat pengetahuan akur, yang terbagi dalam empat suara yaitu sopran, alto, tenor dan bass tersusun secara horisontal. Unsur empat suara memiliki aturan-aturan yang berlaku dalam ilmu harmoni, sedangkan kontrapung dalam proses pembelajaran mempelajari kontrapung instrumental dengan tanganada diatonik dan termasuk dalam musik gaya polifonik. Artikel ini merupakan hasil penelitian proses aplikasi ilmu harmoni dan kontrapung dengan cara mempraktikan membuat aransemen lagu Bagimu Negeri.  Tujuan dari penelitian adalah mengajak mahasiswa dan memahami dalam mengaplikasikan ilmu harmoni dan kontrapung. Melalui cara eksperimen merupakan kegiatan dari proses membuat aransemen lagu Bagimu Negeri dengan pendekatan musikologi. Konstruksi aransemen musik melalui penerapan ilmu harmoni dan kontrapung dengan pendekatan musikologi bermanfaat untuk memberikan pengetahuan pada mahasiswa bagaimana mengaransemen lagu. Hasil akhir penelitian yaitu bagaimana mahasiswa praktik mengaransemen lagu menggunakan ilmu harmoni dan kontrapung yang mengkolaborasi antara ilmu harmoni dan kontrapung. Keterbatasan dalam penelitian ini belum mengungkap kontur dan tekstur harmoni dalam aplikasi aransemen musik. Oleh karena itu memerlukan studi yang lebih jauh kembali dalam memahami aplikasi harmoni dan kontrapung dalam proses aransemen.

Abstract

The construction of the music arrangement Bagimu Negeri for the application of harmony and basic counterpunch. This article reveals the learning activity process of students of the S-1 Music Study Program of the Faculty of Performing Arts, Yogyakarta Indonesian Institute of Arts, in understanding the science of harmony and contra punt in forming a musical arrangement. The science of harmony and contra punt is a basic science in learning the preparation of tone. There is knowledge of getting along in composing the tone, divided into four sounds: soprano, alto, tenor, and bass arranged horizontally. Element four sounds have rules that apply in the science of harmony. At the same time, contra punt in the learning process learns instrumental contra punt with diatonic hands and in polyphonic style music. This article results from research in the application process of harmonic and counter punt science by making arrangements for songs for the country.  The study aims to invite students and understand in applying the science of harmony and contra punt. The way of experimentation is to make arrangements of songs for the country with a musical approach. Construction of music arrangements through the application of harmonic science and contra punt with a musicology approach is helpful for students to arrange songs. The final result of the study is how students practice arranging songs using the science of harmony and contra punt that collaborate between the science of harmony and contra punt. Limitations in this study have not revealed the contours and textures of harmony in musical arrangement applications. It, therefore, requires a further analysis back in understanding the application of harmony and contra punt in the arrangement process.

Keywords: the science of harmony and contra punt; musical arrangements; Bagimu Negeri; Harmonic texture


Keywords


ilmu harmoni dan kontrapung; aransemen musik; Bagimu Negeri; tekstur harmoni

Full Text:

PDF

References


Artanto, M. (2016). Mencermati Transit dan Transition Teks Aransemen Musik Nyanyian Negeriku Karya Singgih Sanjaya ke Pergelaran. Jurnal Kajian Seni, 2(2), 132–150.

Banoe, P. (2003). Kamus musik. Kanisius.

Budiman, A. (n.d.). Kreativitas dan Tari: Studi Eksperimen Penerapan Model Air (Auditory Intellectually Repetition) Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Dance and Dance Education Studies, 1(1), 37–44.

Donington, R. (1963). The interpretation of early music. New York.

Firmansyah, F. (2016). Proses Aransemen Lagu dalam Bentuk Musik Tema dan Variasi. Jurnal Sitakara, 1(1).

Ganap, V., Kismiyati, C., & Suprayitno, J. (2009). Teknik Kontrapung Sebagai Sumber Penciptaan Karya Musik Instrumental Sejati. Jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta.

Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.

Kaestri, V. Y. (2015). Perpaduan Nada‐nada dalam Perspektif Harmoni dan Aplikasinya Terhadap Mahasiswa. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 3(2), 149–162.

Kustap, K. (2006). Musik Klasik Mozart Dan Beethoven Suatu Refleksi Konsep Estetika Plato (the Clasical Music of Mozart and Bethoven a Reflection of Platoâ€TM s Aesthetic Concept). Harmonia Journal of Arts Research and Education, 7(1), 62018.

Nainggolan, O. T. P. (2018). Pembelajaran Kontrapung dengan Menggunakan Software Sibelius di Program Studi Pendidikan Musik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 6(1), 22–30.

Nainggolan, O. T. P. (2021). Species Counterpoint: Pendekatan Dalam Pembelajaran Kontrapung. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 4(1), 31–38.

Putri, B. S., & Lumbantoruan, J. (2019). Analisis Struktur Lagu Bungong Jeumpa Aransemen Paul Widyawan. Jurnal Sendratasik, 8(4), 1–10.

Rain, J. H., & Ángel-Alvarado, R. (2020). Music Arrangement in the Classroom: Teaching Factors in Primary Education. Revista Electronica de LEEME, 45, 53–68. https://doi.org/10.7203/LEEME.45.16527

Stein, L. (1962). Structure and Style: The Study and Analysis of Musical Forms. Summy-Birchard Music.

Widodo, T. W. (2015). Pembelajaran Aransemen Musik Berbasis Teknologi Komputer di Jurusan Musik FSP Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Promusika: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 3(2), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/promusika.v3i2.1695

Wu, D., Kendrick, K. M., Levitin, D. J., Li, C., & Yao, D. (2015). Bach is the father of harmony: revealed by a 1/f fluctuation analysis across musical genres. PLoS One, 10(11), e0142431.




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v1i1.5776

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PROMUSIKA: Jurnal Pengkajian, Penyajian, dan Penciptaan Musik



P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)