Penerapan Sistem Pembelajaran Kelas pada Mata Kuliah Praktik Instrumen Flute di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta

Tri Wahyu Widodo

Abstract


Penelitian ini membahas penerapan metode tindakan kelas dalam memberikan sebuah materi ajar kepada peserta didik dalam bidang musik. Berbagai lembaga pendidikan, dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi, umumnya menerapkan sistem pembelajaran kelas. Pada proses pendidikan di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta penerapkan  sistem pembelajaran kelas tidak hanya diterapkan pada mata kuliah teori namun juga pada kuliah praktik instrumen musik, yang menggunakan pendekatan instruksional secara individual. Kajian ini menelusuri bagaimana metode tindakan kelas diterapkan pada proses pembelajaran mata kuliah praktik musik di Jurusan Musik. Proses pembelajaran kelas pada mata kuliah praktik instrumen tentunya akan berbeda dengan pembelajaran secara individual. Hal ini lah yang mendorong penulis untuk meneliti sistem pembelajaran kelas untuk salah satu mata kuliah praktik instrumen khususnya flute. Proses pembelajaran praktik flute di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta hingga kini masih banyak menggunakan proses pembelajaran individual karena sistem ini sudah lama dijalankan dengan berbagai permasalahan yang ada.  Penerapan metode tindakan kelas pada institusi yang sudah terbiasa dengan pengajaran instruksional secara iundividual tentulah tidak mudah. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif lain dari sistem pembelajaran musik secara individual yang selama ini digunakan.


Keywords


metode tindakan; praktik instrumen; flute

Full Text:

PDF

References


Debost, M. 2002. The Simple Flute: From A to Z. New York: Oxford University Press.

Jorgensen, H. 2004. Musical excellence: Strategies and Techniques to Enhance Performance. (A. Williamon, Ed.), Strategies and Techniques to Enhance Performance. London: Oxford University Press.

Klickstein, G. 2009. The Musician’s Way: A Guide to Practice, Performance, and Wellness. USA: Oxford University Press.

Mulyani, S. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dikti.

Saifudin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Sri Widayati, N., & Muaddab, H. 2012. 29 Model- Model Pembelajaran Inovatif. Jombang, Jawa Timur: ElHaf Publishing.

Suryana, A. 2008. Model Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta: PJJ PGSD Universitas Pendidikan Indonesia.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Tseng, S.-M. A. 1996. Solo Accompaniments in Instrumental Music Education: The impact of the Computer-Controlled Vivace on Flute Student Practice. University of Illinois at Urbana-Champaign. Retrieved from http://hdl.handle.net/2142/23481

Zainuddin, M. dan Susy Puspitasari. 2005. Strategi Peningkatan Kualitas Pendidi-kan Tinggi I, Program PEKERTI Bu-ku 1.01, Jakarta: PAU Untuk Pen-ingkatan dan Pengembangan Aktivi-tas Instruksional, Ditjen Dikti, Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v4i2.2276

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Tri Wahyu Widodo



P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)