Strategi Pembelajaran Seni Musik bagi Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan Media Audio Visual

Suryati Suryati

Abstract


SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah salah satu sekolah swasta di bawah Yayasan Muhammadiyah yang terletak di tengah kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Kapas No. 7 Yogyakarta. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajarnya menggunakan kurikulum nasioal 2013. Kurikulum tersebut mewajibkan mata pelajaran Seni budaya pada siswa-siswa kelas aepuluh, sebelas, dan duabelas. Hingga kini proses pembelajaran seni budaya pada kelas duabelas kurang diperhatikan oleh siswasiswanya karena dianggap tidak penting dan tidak mempengaruhi kelulusan. Oleh sebab itu penelitian ini terfokus pada strategi pembelajaran seni budaya, khususnya pelajaran seni musik, untuk siswa-siswa kelas duabelas.  Penelitian ini mengungkapkan tiga permasalahan yaitu; 1) proses pembelajaran seni budaya, khususnya seni musik, pada kelas duabelas, 2) penerapan strategi pembelajaran seni musik dengan menggunakan media audio visual, dan 3) dampak penerapan media audio visual pada pembelajaran seni musik pada  siswa kelas duabelas di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang dilakukan melalui studi pustaka, observasi lapangan, dan wawancara. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, proses pembelajaran seni musik di sekolah ini diawali dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian; Kedua, strategi model pembelajaran seni musik dengan media audio visual yang digunakan dalam proses pembelajaran menerapkan pendekatan saintifik; ketiga, dampak penerapan media audio visual pada proses pembelajaran ialah bahwa para siswa dapat mengikuti pelajaran dengan aktif, baik secara individu maupun kelompok. Di samping itu hasil dari tayangan video dapat menginspirasi siswa dalam pembuatan konsep penampilan musik yang berbeda.


Keywords


Proses Pembelajaran; seni music; audio visual

Full Text:

PDF

References


Amri, S dan Akhmad. K. L. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakar-ta: Prestasi Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haryono, Timbul. 2009. Peran Masyarakat Intelektual dalam Penyelamatan dan Pelestarian Wariran Budaya Lokal. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Moleong, Lexy J. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosda Karya.

Nur Syam. 2008. Tantangan Baru Mul-tikulturalisme di Indonesia, Kanis-ius, Yogyakarta.

Purwasito, Andrik. 2003. Komunikasi Mul-tikultural. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Sardiman A.M, 2005. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soedarsono, R.M. 1999. Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: MSPI.

Suyudi. 2013. Strategi Pembelajaran Pen-didikan Karakter. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelaja-ran Inovatif-Progresif. Jakarta: Pres-tasi Pustaka.

Zamroni, 2000. Paradigma Pendidikan Masa depan. Yogyakarta: BIGRAF Pub-lishing.




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v4i2.2275

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Suryati Suryati



P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)