Penyesuaian Setting Ruang Bermain Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19

Danang Febriyantoko

Abstract


Dunia anak adalah dunia bermain, semua aktifitas keseharian anak-anak sebagian besar dihabiskan untuk bermain, dengan cara bermain anak-anak dapat menjelajahi lingkunganya dan belajar mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Merebaknya virus Covid-19 memang memberi dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan manusia tidak kecuali aspek pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini yang semula dilakukan dengan tatap muka berubah menjadi jarak jauh, pendidikan yang semula dilakukan secara bersama-sama kini dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing. Intinya banyak terjadi perubahan di dunia pendidikan anak usia dini bahkan mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya termasuk aspek bermain anak yang menimbulkan dampak psikis dan sosial motorik bagi tumbuh kembang anak. Kebijakan pembelajaran jarak jauh yang ditetapkan oleh pemerintah pun tidak mampu mengatasi permasalah pendidikan anak usia dini yang merupakan generasi penerus bangsa, meskipun akses internet telah tersedia, pembelajaran jarak jauh secara daring masih menyimpan tantangan dan belum mampu menjawab kebutuhan bermain anak usia dini. Tantangan serupa pun dihadapi oleh orang tua yang harus beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran anak di rumah. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak usia dini serta menunjang proses pembelajaran anak diperlukan ruang belajar yang mendukung dan membuat anak bersemangat dalam bermain di masa pandemi. Peran lingkungan pembelajaran dengan mengatur setting ruang yang cocok untuk aktifitas bermain anak perlu untuk di kaji lebih dalam. Penelitian ini akan fokus pada pola adaptasi yang dilakukan oleh playgroup maupun orang tua dalam mensiasati ruang bermain anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Andri Ani Bahar Ilmi. (t.thn.). Diambil kembali dari https://www.kompasiana.com/annie300118/58398fa62f9373bd0831b011/perkembangan-psikososial-anak-usia-dini-36-tahun

Ariyani, Ivada. (2020). Penyesuaian Setting Ruang Untuk Bekerja Dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Lintas Ruang, Vol. 8 No 1.

Latief, M. et al.,. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Laurens, J,M. (2004). Arsitektur Dan Perilaku Manusia. Jakarta: Grasindo.

Rodger & Ziviani. (2006). Occupational Theraphy with Children: Understanding Children’s Occupations and Enabling Participation. Oxford: Backwell Publishing.

Sit, M.,. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. . Medan: Perdana Publishing.

Universitas Kristen Petra. (t.thn.). Sejarah. Dipetik Mei 27, 2021, dari http://interior.petra.ac.id/history: http://interior.petra.ac.id/history

Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan. Jakarta: Kencana.

Yuzni, S, Z. (2012). Desain Ruang Bermain Anak Usia Dini. Jurnal Tematik Universitas Negeri Medan, 113-120.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v9i2.6723

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d