KAJIAN WELL-DESIGNED SPACE PADA STUDIO HYBRID LEARNING

Anastasia Michella, Sherly de Yong, Hendy Mulyono

Abstract


Fasilitas belajar merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra adalah ruang studio. Adanya pandemi COVID-19 sangat berdampak pada beberapa sektor, seperti pendidikan. Beberapa universitas sedang mempersiapkan pembelajaran hybrid learning untuk memaksimalkan pembelajaran saat pandemi. Hal ini mempengaruhi desain ruang studio yang harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut, sehingga diperlukan desain ruang yang baik agar proses pembelajaran dalam studio dapat berjalan dengan lancar. Permasalahan yang diambil adalah penerapan well-designed space seperti apa yang terdapat pada studio desain interior Universitas Kristen Petra sebelum pandemi dan aspek well-designed spce apa yang tepat untuk studio desain interior pada pembelajaran hybrid learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif denga pendekatan evidence-based design. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian dapat diketahui aspek well-designed space yang telah diterapkan dalam studio desain interior Universitas Kristen Petra sebelum pandemi. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi aplikasi well-designed space untuk studio desain interior dalam pembelajaran hybrid learning pada masa pandemi dalam batasan communicating, complying, dan comforting.

Full Text:

PDF

References


Abdelrahman, N., & Irby, B. J. (2016). Hybrid learning: Perspectives of Higher Education the Faculty. International Journal of Information Communication Technologies and Human Development (IJICTHD), 8(1), pp 1-25.

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Augustin, S. (2009). Place Advantage: Applied Psychology for Interior Architecture. New Jersey: John Whiley & Sons.

Al-Zaza, I. Z., & El-Ottol, R. M. A. (2014). Architecture Design Studio: Toward the Ideal Interior Design of Architecture Studio in the Gaza Strip. (Dissertations, The Islamic University Gaza). https://iugspace.iugaza.edu.ps/handle/20.500.12358/19844?locale-attribute=en.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2011). Rancangan Standar Sarana dan Prasarana pendidikan Tinggi Program Pascasarjana dan Profesi. BSNP. Draf-Standar-Sarana-Prasarana-Profesi-Validasi-Juli-2011.pdf.

Desain Interior UK Petra. (2021, May 4). Kuliah Tamu Interior Design & Styling Workspace 2021 – Lea Aziz HDII (Video). YouTube. www.youtube.com/watch?v=pIpdYxV9Tng.

Kemdikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19.

Kemdikbud. (2020). Perkuliahan Dapat Dilakukan Secara Tatap Muka dan dalam Jaringan Tahun 2021. Kemdikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/12/perkuliahan-dapat-dilakukan-secara-tatap-muka-dan-dalam-jaringan-tahun-2021. Accessed 9 Mar. 2021.

Nussbaumer, Linda L. (2009). Evidence-Based Design for Interior Designers. USA: Bloomsburry Publishing Inc.

Sugiyono. (2012). Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Universitas Kristen Petra. (n.d.). Sejarah. http://interior.petra.ac.id/history. Accesed 27 Mei 2021.

Universitas Kristen Petra. (2021). UK Petra Siap Jalankan Kelas Hybrid-Learning pada Semester Genap 2020/2021. https://www.petra.ac.id/news/uk-petra-siap-jalankan-kelas-hybrid-learning-pada-semester-genap-20202021. Accessed 9 Mar. 2021.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v9i2.6721

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d