SISTEM TERITORIAL AREA DAGANG DI PASAR BERINGHARJO
Abstract
Pasar merupakan ruang publik yang didalamnya terjadi berbagai aktivitas dan interaksi
sosial di antara pelakunya. Interaksi tersebut memungkinkan terjadinya konflik di antara pelakunya
khususnya untuk mempertahankan area teritori masing-masing. Penelitian ini memfokuskan
bagaimana para pedagang di pasar Beringharjo membentuk territorial selama beraktivitas dagang.
Metode kualitatif digunakan untuk menemukan fakta-fakta di lapangan. Sampel dipilih secara acak
berdasarkan komoditi yang dijual. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem teritorial yang berlaku
di pasar Beringharjo ini sangat unik, tidak mengenal hirarki ruang tetapi lebih dipengaruhi oleh
perilaku dan sikap yang berlaku di kehidupan masyarakat khususnya budaya Jawa. Kaidah-kaidah
kerukunan, rasa hormat diterapkan untuk menciptakan keselarasan dalam mengatur sistem teritori
dagang di lingkungkan pasar Beringharjo.
sosial di antara pelakunya. Interaksi tersebut memungkinkan terjadinya konflik di antara pelakunya
khususnya untuk mempertahankan area teritori masing-masing. Penelitian ini memfokuskan
bagaimana para pedagang di pasar Beringharjo membentuk territorial selama beraktivitas dagang.
Metode kualitatif digunakan untuk menemukan fakta-fakta di lapangan. Sampel dipilih secara acak
berdasarkan komoditi yang dijual. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem teritorial yang berlaku
di pasar Beringharjo ini sangat unik, tidak mengenal hirarki ruang tetapi lebih dipengaruhi oleh
perilaku dan sikap yang berlaku di kehidupan masyarakat khususnya budaya Jawa. Kaidah-kaidah
kerukunan, rasa hormat diterapkan untuk menciptakan keselarasan dalam mengatur sistem teritori
dagang di lingkungkan pasar Beringharjo.
Keywords
teritori, pasar, budaya Jawa
Full Text:
PDFReferences
Halim, D. (2006). Psikologi Arsitektur. Jakarta: PT Gramedia Widiarsa Indonesia.
Hall, E. T. (1990). The Hidden Dimension. New York, United States: Bantam Doubleday Dell Publishing Group
I1.
Magnis Suseno, F. (1988). Etika Jawa. Jakarta: PT Gramedia Widiarsa Indonesia.
Moleong, L. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v7i1.3069
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN 1978-0702 (media cetak) | ISSN 2580-6521 (media online)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.