Rancangan Multimedia Tari Kreasi Anak “Oray-orayan” Untuk Pembelajaran SBdP di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya rancangan multimedia tari pada pembelajaran SBdP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan bentuk rencana multimedia tari kreasi anak “oray-orayan” untuk pembelajaran SBdP di Sekolah Dasar. Dalam pembelajaran SBdP, media pembelajaran yang digunakan berupa video dari internet. Video tersebut masih sederhana didalamnya hanya berupa gerakan tari, tidak terdapat animasi gerak tari dengan menggunakan tokoh kartun, tidak ada langkah-langkah menari serta tidak terdapat gambar dan teks sebagai materi pendukung. Media pembelajaran ini termasuk hal penting dalam proses pembelajaran, karena sebagai alat perantara dalam proses pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran antara guru terhadap peserta didik dalam menyampaikan informasi. Diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dengan pengembangan yang dilakukan terhadap salah satu media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif dengan menggunakan data hasil FGD (Focus Group Discuss). berdasarkan data FGD yang di dapatkan, rancangan Multimedia Tari Kreasi Anak “Oray-orayan” mendapatkan kelayakan dan memenuhi kriteria yang diinginkan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran SBDP di SD.
ABSTRACT
This Research is backed the importance of multimedia design dance on SBdP learning. This research aims to describe the results and form of multimedia plan of childern Dance Creations “Oray-orayan” for learning SBdP in elemntary school. In SBdP learning, the learning media used is video from the Internet. The Video is still simple in the form of dance movement, there is no animation of dance motion using cartoon characters, there are no dance steps and there are no pictures and texts as supporting material. This learning Media is important in the learning process, because as an intermediate tool in the learning process used to convey information in the learning process between teachers and students in conveying information. It is hoped that you can create more meaningful learning with the development done with one of the learning media. This research uses qualitative methods with descriptive data analysis using FGD (Focus Group Discuss)result data. Based on the FGD data obtained, the Multimedia design of the children's Dance creations "OrayOrayan" is qualified and fulfills criteria which is desirable to serve as a learning medium that can be used to study SBdP in SD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashyar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Giyartini Rosarina. 2014. “Makna Simbolik Kaulinan Barudak Oray-orayan”. Vol.24 (No.4), 377-386.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Revisi. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (Sekolah Dasar/MI). Jakarta.
Lestari Asti Tri. 2017. Pembelajaran Tari Kreatif melalui Kaulinan Budak Lembur di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.1(No.2), 102-111.
Lestari W.A., dkk. 2019. Media Pembelajaran Interaktif Enkripsi Caesar Ciher Vigenere Cipher dan Algoritma RSA. E-Proceeding of Applied Science, Vol.5(No.3), 2912-2924.
Lidinillah, D. A. M. 2012. Educational Design Research: a Theoretical Framework for Action. Universitas Pendidikan Indonesia-Kampus Tasikmalaya.
Munir, 2013. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Plomp. 2007. “Educational Design Research: An Introduction”, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Surjono Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelaaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
Subekti Ari. 2016. Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yusri Radhya & Husain Al. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Ipteks Terapan: Research of Applied Science and Education, Vol. 11(No.1), 1-8.
Subekti, Ari. 2016. Daerah Tempat Tinggalku. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24821/joged.v15i1.4661
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats