RANCANG BANGUN APLIKASI GAME VISUAL NOVEL PENGENALAN LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS PRADITA MENGGUNAKAN TYRANOBUILDER
Abstract
Game visual novel pengenalan ruang lingkup Universitas Pradita ini merupakan sebuah game edukasi dengan genre visual novel yang mengenalkan ruang lingkup di Universitas Pradita. Game ini dibuat untuk mengenalkan ruang lingkup Universitas Pradita dikarenakan kurangnya sarana informasi yang diberikan seperti pada website Universitas Pradita. Metode pengembangan Game edukasi yang di gunakan dalam laporan ini menggunakan metode Multimedia Development life cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo (1994). Metode ini memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Informasi pada game ini mencakup pada lingkungan seperti ruang finance, perpustakaan, kantin, ruang auditorium dan lain-lain. Game ini menggunakan software Tyranobuilder untuk membuat game visual novel pengenalan kampus ini serta menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk pengujian pada usability. Dengan menggunakan metode SUS, diperoleh rata-rata skor yaitu 68.35 (marginal high). Hal ini menunjukan bahwa pradita tour game dinilai sudah memenuhi standar usabilitas yang seharusnya dipenuhi dari sebuah game.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ambarwati, P., & Syifa Darmawel, P. (t.t.). IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA. Dalam Majalah Ilmiah UNIKOM (Vol. 18, Issue 2).
Rachmawati, A., Laila Nugraha, A., & Awaluddin, M. (2017). DESAIN APLIKASI MOBILE INFORMASI PEMETAAN JALUR BATIK SOLO TRANS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICE (Vol. 6, Issue 2).
Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DAN HABITATNYA DALAM 3 BAHASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA. http://jurnal.sttgarut.ac.id
Rifai, W., A., (2015) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI LINGKUNGAN BERBASIS ANDROID.
Bahrun,S, Alifah, S, Mulyono, S (2017) Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/EI/article/view/3054/2208
DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v10i1.8478
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 alvian abdur rahman wahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)